Air Terjun Telunjuk Raung

Air terjun Telunjuk Raung aksesnya dapat dilalui dari Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Dusun Sumberasih, Kelurahan Sumberarum, Kecamatan Songgon.

Siapa yang tidak ingin melihat keindahan sebuah air terjun dan menikmati sumber airnya yang segar? Nah ini salah satu rekomendasi yang dapat kalian nikmati yaitu Air terjun Telunjuk Raung.

Loh kok ada penyebutan Raung yang diambil dari nama sebuah gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember dan Banyuwangi? Air terjun ini berada di sekitar Gunung Raung yang terkenal karena ketinggiannya, ternyata memiliki sumber air yang jernih.

********

Pengalaman kali ini bisa terjadi karena adanya hari libur yang terjepit di antara hari aktif kerja. Mau pulang ke kota asal juga males, tanggung banget waktunya. Akhirnya aku mengusulkan untuk bepergian ke daerah Songgon yang menjadi daerah kerja Rohman selama beberapa tahun. Kebetulan juga ada seorang sahabat yang baru saja mengalami pengalaman yang kurang baik di kantor sehingga harus merelakan pekerjaan yang ditekuninya. Begitulah dunia kerja memang keras, jadi manfaat waktu yang ada untuk melakukan yang terbaik. Wah wah offside nih curhatnya. Yuk kita lanjutin ada cerita perjalanannya!

Kami semua kumpul di kosanku di pagi hari, ternyata teman-teman yang ikut pagi sekali datangnya. Ya terpaksa kagak sempat mandi. Emang sih kagak niat mandi, lah kan mau mandi di daerah air terjun. Hahaha.

Jarak kos di Rogojampi menuju ke air terjun berjarak sekitar 30km kami tempuh menggunakan sepeda-sepeda motor satu jam lebih dikit saja. Sampailah kami di kawasan parkir yang cukup luas, pariwisata di sini ternyata sudah disiapkan dengan baik. Udara yang segar memanjakan paru-paru. Eh kok perut sudah mulai keroncongan nih? Oalah iya tadi belum sarapan, untungnya sebelum berangkat kita mampir di minimarket untuk membeli makanan dan minuman. Perut yang protes tadi sudah mulai mereda.

Di sekitar parkiran ada beberapa gazebo-gazebo untuk beristirahat. Bahkan ada gazebo yang tinggi untuk menyegarkan mata pengunjung dengan pemandangan yang indah.

20180501_074856-01

Suasana tempat parkir

Kamu gak naik ke gazebo yang tinggi Ron? Kagak, lebih enak nyamil makanan dan tiduran.

Stop! Daripada kelamaan leyeh-leyeh di gazebo entar malah ketiduran. Yuk kita jalan aja menuju air terjun. Lokasinya memang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, ada undak-undak menurun sebelum sampai ke air terjun. Oh ternyata ada kolam yang jernih, cocok nih untuk berenang.

Air terjunnya sangat deras, JADI KITA HANYA DIPERBOLEHKAN MAIN AIR YANG ADA DI KOLAM.

20180501_080053-01

Jalan menuju air terjun

20180501_080940-01

Air Terjun Telunjuk Raung

Kalau hanya foto-fotoan aja masih aman lah, yang terpenting menjaga jarak dari air terjun. Wah rupanya teman-teman pada asik berenang di kolam. Ups sepertinya ada yang lupa deh! Wah iya kelupaan bawa pakaian ganti. Hmmm ya udalah, pakai celana aja renangnya, kaosnya dibiarkan kering saja.

20180501_081724-01

Pasukan mbolang kali ini

 

20180501_083714-01

Yuk nyebur!

Wah cuaca menjelang siang hari menjadi panas, waktunya kita naik lagi menuju tempat parkir. Berbeda perasaan dengan yang tadi, undak-undakan menaik menguras tenaga otot kaki dan napas mulai ngos-ngosan. Emang dasar lama kagak pernah olahraga sih.

20180501_092356-01

Jalanan menanjak sudah di depan mata

Gak usa basa-basi deh! Tenaga abis dikuras, kita kelaparan lagi deh. Langsung aja nyari makan di Café Karomah yang sejalur dengan jalan pulang kita.

20180501_115635-01

Cafe Karomah

Ingin tau video singkat keseruannya? Check this out!

 

Perjalanannya kita sudahi kali ini. See you again!

2018, 1 Mei

7 responses to “Air Terjun Telunjuk Raung

    • Dimaapkan kak.. Kalo orang sini ngomongnya “kaleg”, bener kagak sih tulisannya. Fungsinya buat mengikat engkel biar gak geser lagi, biasanya dipakai orang yg baru terkilir engkelnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s