Mencicipi Masakan Beirut Libanon Restaurant and Café

Bagaimana sih jika lidah orang Indonesia mencicipi masakan khas Timur Tengah khususnya Lebanon? Biasanya orang Indonesia kalau belum makan nasi bisa dikatakan belum makan. Bener kan?!

Sekali-kali nulis artikel agak receh dikit boleh dong! Oh iya, aku menulis artikel ini bukan berarti di-endorse oleh restoran tersebut loh ya.

Murni pengen cerita pengalaman aja sih.

Ceritanya berawal dari ada interview kerjaan ke Jakarta. Maklumlah darah muda kalau udah tidak nyaman kerja, pastilah mencari kerjaan yang lain. Meskipun jauh tidak apa lah. Aku beranikan diri berangkat dan menghubungi Hendri. Teman lama yang dulunya pernah kerja di Jember. Nah dari Hendri ini dikenalin lah dengan temen baru yang bernama Hisam. Akhirnya aku dititipin ke kosan Hisam. Hahaha murah meriah, sekalian nambah wawasan dan teman.

Semalam menginap di tempat Hisam, paginya langsung interview kerjaan. Lawannya wih, kalah jauh dah aku. Pengalaman kalah, wawasan, dan relasi di Jakarta juga kalah. Pokoknya kalah telak wes. Tapi tidak apa lah, setidaknya tahu gimana sulitnya cari kerjaan, di Jakarta pula. Kalau relasi, mental, dan modal kalah; jangan sekali-kali mengadu nasib di Jakarta. Apalagi jauh-jauh dari luar kota. Jangan sudah! Rumput sendiri gak kalah hijaunya kok dari rumput orang lain.

Sorenya kagak ada kegiatan, untungnya sehari sebelumnya aku menghubungi Mbak Mita. Orang Jember juga yang bekerja di Jakarta, bukan sedarah tapi sudah seperti saudara sendiri aja. Diajaklah aku dan Hisam untuk mencari makan malam. Kebetulan Hisam merekomendasikan makanan Lebanon, ya kita coba aja. Biar sekali-kali pernah merasakan masakan yang asing.

Rumah makan ini bernama Beirut Libanon restaurant & café yang bertempat di Jalan Sabang-Agus Salim No 57 Jakarta Pusat.

Tampak dari depan suasana khas Timur Tengah dengan alunan lagunya yang enak di telinga. Meski loh ya, meski kagak ngerti artinya. Hahaha. Ya udah ayo masuk aja!

Kami bertiga memilih tempat duduk dekat dengan pemandangan jalan. Aku dan Mbak Mita saling tolah-toleh. Membolak-balik daftar menu. Kagak ngerti makanan dan minuman apa yang ada di menu. Tahunya sih hanya roti Maryam aja. Ya beruntungnya ada Hisam yang tahu. Pesanlah kita sesuai rekomendasinya.

2014-04-04 19.59.59-01

Kiri : Jallab. Atas : Roti kosong. Bawah : Humos Bil Tahini

  • Humos Bil Tahini

Pasta dengan bahan dasar Kacang Arab (chick peas) dengan campuran pasta Tahini (kacang wijen), lemon dan minyak zaitun. Gimana cara makannya ya? Ternyata pasta ini untuk cocolannya roti Arab. Oke kita makan roti aja malam ini.

 

  • Falafel

Kacang Arab yang dihancurkan kemudian dimasak dalam bentuk bola-bola dan dimakan bersama pasta Tahini.

2014-04-04 20.16.00-01

Falafel

 

  • Shawarma

Sekilas sih seperti kebab Turki ternyata berbeda loh. Aku juga baru tahu loh. Apa hayo bedanya? Kalau daging campuran dan sayuran ditusuk seperti sate kemudian dipanggang, itu namanya kebab.  Shawarma sebenarnya daging yang tadi dibungkus dengan roti kosong (biasa disebut roti Pita). Jadi selama ini orang Indonesia salah paham dong!

2014-04-04 20.06.19-01

Shawarma

 

  • Tea Pot

Yang dimaksud dengan minuman ini bukan tekonya loh ya. Minuman ini seperti teh tarik yaitu teh dipadukan dengan susu plus ditambah kacang Arab.

2014-04-04 20.07.42-01

Tea Pot

 

  • Jallab

Minuman khas Lebanon yang merupakan paduan dari kurma dan gula.

Overall makanan dan minumannya masih cocok untuk lidah orang Indonesia. Menghabiskan semua makanan bertiga ini membutuhkan waktu yang lama. Sampai ondel-ondel bolak-balik lewat depan rumah makan ini pun kita masih belum selesai. Akhirnya kita menyerah tidak dapat menghabiskannya semua. Tersisa beberapa lembar roti Arab-nya, sepertinya kita pesannya terlalu banyak. Perut sudah sangat kenyang dan sudah bersendawa beberapa kali. Tinggal pulang dan langsung tidur karena kekenyangan.

 

Jakarta 2014 April 04

3 responses to “Mencicipi Masakan Beirut Libanon Restaurant and Café

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s