Air Terjun Damarwulan di Balik Little Niagara Jember

Jember memiliki pesona alam yang cukup banyak, salah satunya air terjunnya yang berada di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Letak topografis yang strategis merupakan penyebab Jember memiliki begitu banyak air terjun baik yang sering dikunjungi oleh manusia maupun yang jarang dikunjungi. Kabupaten Jember dikelilingi oleh Pegunungan Argopuro yang cukup panjang serta lembah Gunung Raung yang pada tahun 2015 lalu mengalami erupsi dan mengeluarkan asap dari perut bumi.

*****

Pada kesempatan kali ini aku membuat pertemuan dengan seorang pemuda asli Jember yang tinggal di Kecamatan Silo. Jaya namanya atau yang cukup kondang dengan namanya di instagram @emhajeen . Dia salah satu waterfall hunter khususnya di Jember meskipun akhir-akhir ini mulai beralih lebih suka menikmati pemandangan di atas gunung.

Kami membuat rencana untuk mengunjungi Air Terjun Damarwulan yang ada di Desa Sumbersalak. Rencana ini aku sampaikan ke teman-teman komunitas Jember Backpacker sehingga ada beberapa orang yang akan ikut. Kebetulan waktu itu ada seorang teman dari Palu yang sedang mengunjungi Jember, skalian aja diajak daripada bengong di rumahnya.

Teeettttt!!!

Sabtu jam 07.00 pagi kami sudah siap-siap berangkat. Eh ndilalah kok hujan turun dengan deras. Jaya tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengajak kami ke air terjun tersebut karena harus berangkat kerja. Wah gimana dong! Ini antara cancel atau nekat! Kami mengambil keputusan untuk menunggu 1 jam lagi untuk menunggu hujan reda.

Puji TUHAN! Beruntungnya hujan pun reda menjelang jam 08.00. Jadi berangkat atau cancel ? Ya pasti jadi berangkat lah! Kami dengan mengendarai sepeda motor dari kota melewati Mayang dan berbelok ke arah Ledokombo. Rute ini diambil karena mudah untuk dihafal. Eh ternyata ada 3 orang yang nantinya akan menyusul. Perjalanan dapat dikatakan lancar karena tidak ada halangan apapun. Untuk mencapat lokasi ini agak sulit ternyata karena papan petunjuk arahnya belum ada. Jadi bagi kalian yang tidak mengetahui lokasinya, sebaiknya bertanya-tanya kepada penduduk sekitar. Selain itu sinyal telekomunikasi juga masih belum mendukung. Atau sebaiknya mengajak teman yang sudah pernah ke sana. Seperti mengajak Jaya misalnya.

Kalian melewati jalan yang membelah persawahan hijau.

Kalian melewati jalan yang membelah persawahan hijau.

Lokasinya masih sepi karena masih pagi. Kami langsung menuju Air Terjun Damarwulan setelah melewati Little Niagara. Air terjun ini dapat dikatakan bagus dan menarik. Debit airnya cukup baik dan memiliki ketinggian yang cukup. Kami pun menikmati air terjun ini sambil mandi atau hanya sekedar mengambil gambar. Airnya cukup dingin dan segar, jika kalian berada di bawah air terjun akan merasakan seperti pijat refleksi. Suara dentuman air terjun yang menghantam tanah akan kalian rasakan dan terasa seperti sedang gempa dengan kekuatan ringan. Seru dan menarik!

 

Mereka siap untuk mengeksplor air terjun

Mereka siap untuk mengeksplor air terjun

 

Aaron, Alfa, dan Jaya. Kami berada di bawah Air Terjun Damarwulan.  Photo by : Arif Angga Yudha

Aaron, Alfa, dan Jaya. Kami berada di bawah Air Terjun Damarwulan.
Photo by : Arif Angga Yudha

 

Air Terjun Damarwulan. Photo by : Arif Angga Yudha

Air Terjun Damarwulan. Photo by : Arif Angga Yudha

 

Wefie dengan beberapa teman

Wefie dengan beberapa teman

Sayangnya teman kami yang bernama Jaya harus pulang dahulu untuk berangkat bekerja. Mungkin lain kali kami dapat basah-basahan hore lagi di kesempatan yang akan datang.

Kami beristirahat di sebuah warung sambil menikmati little niagara yang ada tepat di depan warung. Kebetulan Mbak Ike dan Rina baru saja sampai dan bergabung bersama kami. Air di bawah little niagara cukup tenang. Setelah aku mencoba berenang di sana, ternyata memiliki kedalaman yang cukup dalam. Wah asyik dong! Pantesan banyak yang naik dari pohon untuk melompat ke dalam air. Perkiraan dengan ketinggian sekitar 5-7 meter. Ah mumpung berada di sini hanya Eko, Ardi, dan aku saja yang mencoba melompat dari pohon.

Little Niagara. Photo by : Arif Angga Yudha

Little Niagara.
Photo by : Arif Angga Yudha

 

Terjun bebas. Photo by : Arif Angga Yudha

Terjun bebas.
Photo by : Arif Angga Yudha

 

Siklus Hidup. Setiap orang pasti menikmati senangnya bermain di kala muda dan perlahan menua merasakan kerasnya bekerja.

Siklus Hidup.
Setiap orang pasti menikmati senangnya bermain di kala muda dan perlahan menua merasakan kerasnya bekerja.

Byuuuurrrrr!!!

Adrenalin mengalir kenceng seperti sinyal 4G deh! Masih belum puas melompat, kamipun mencoba melompat lagi untuk 2 -3 kalinya. Teman-teman ada yang menyewa ban karet untuk berenang di perairan itu. Sedangkan yang lainnya kemana? Yang lain sedang nungguin bapak penjaga warung yang sedang membuat gorengan. Boleh dong sesekali keluar dari air hanya untuk makan gorengan.

Tak lama kemudian ada seorang teman yang menyusul kami. Reza namanya, entah mengapa ia lebih suka dipanggil dengan nama Bebeknya Reza. Ah gagal paham dah guweeehh!

Eh ngomong-ngomong soal nama. Aku juga masih belum paham dengan mengapa disebut dengan little niagara. Mungkin saja karena mirip dengan niagara tapi dengan ukuran supermini. Lalu pertanyaan berikutnya, mengapa disebut dengan Air Terjun Damarwulan? Nah jika ada pembaca yang mengetahuinya, boleh dong kami diberitahu ceritanya. Kalau dari perkiraanku sih, disebut Air Terjun Damarwulan mungkin seorang yang bernama Damarwulan pernah mengunjungi air terjun ini. Damarwulan adalah seorang abdi dari Kerajaan Majapahit, ia ditugaskan oleh Ratu Kencana Wungu untuk mengalahkan Menak Jinggo yang berasal dari Kerajaan Blambangan.

Basah-basahan horenya sudah selesai, kami kembali menuju ke kota dan merayakan kebersamaan ini dengan makan siang di sebuah warung di dekat kawasan wisata Rembangan.

Kami saat berada di warung lesehan yang ada di kawasan wisata Rembangan

Kami saat berada di warung lesehan yang ada di kawasan wisata Rembangan

JT 15 19Desember

Advertisements

12 responses to “Air Terjun Damarwulan di Balik Little Niagara Jember

  1. Wah air terjunnya asik ya, walaupun tidak seberapa besar tapi debit nya lumayan, dan kolamnya juga cukup enak buat dipakai berenang-renang. Terutama Little Niagara nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s