Dusun Bambu bukan Sekedar Dusun

Bonus dari sebuah perjalanan tak hanya sahabat baru. Mengunjungi DESTINASI YANG TAK KAU RENCANAKAN juga termasuk dari bonus perjalanan. Setelah mengunjungi TEROPONG BINTANG di OBSERVATORIUM BOSSCHA, jadinya no plan deh! Gak tau harus kemana lagi. Nah berhubung sudah ada di Lembang, Eko menawarkan untuk mengunjungi Dusun Bambu. Awalnya kukira hanya sebuah dusun (bagian dari desa) yang menyajikan kesederhanaan masyarakat lokal dan udara segar khas pedesaan, ternyata jauh dari ekspetasiku. Dusun Bambu adalah sebuah tempat KEREN yang wajib kalian kunjungi jika ke Lembang Bandung.

Awalnya perjalanan menuju Dusun Bambu dengan mengendarai sepeda motor berjalan lancar hingga semuanya berubah sejak NEGARA AIR menyerang. Syukurlah hanya gerimis saja. Rupa-rupanya NEGARA AIR sedang latihan tante! Terpaksa gas motor kutarik dengan kencang supaya segera sampai ke tujuan.

Dusun Bambu

Dusun Bambu

Berakhirlah perjalanan kami di tempat parkir. Loh loh kok di tempat parkir? Perjalanan naik motornya lah! Kami membayar tiket masuk dan parkirnya. Untuk menuju ke lokasi utama ada dua pilihan yang bisa dipilih. Yang pertama naik mobil angkutan berhiaskan bunga-bunga. Girlie banget gaesss!! Ihiiiirrrr!! Cucoookkk!!! Dan yang kedua adalah dengan berjalan kaki. Jadi manakah yang aku pilih? Jalan kaki lah! Macho gaes!!! Guweh COWOK!!!!

Tiket

Tiket

Jalan kaki! Jangan mau kalah dengan bebek!

Jalan kaki! Jangan mau kalah dengan bebek!

Jika jalan kaki, kita bisa melewati jalan setapak di antara sawah kecil yang unik. Di dekat sawah kecil itu kita bisa bisa melihat penginapan yang photoable. Namanya adalah Kampung Layung. Menariknya villa-villa ini diberi nama khas orang Sunda yaitu Sangkuriang, Kabayan, Nyi Iteung, dan sebagainya. Villa ini terbuat dari kayu dan bambu. Arsitektur sederhana yang modern namun masih membawa suasana desa. Wah jadi bisa bayangin kalau betapa nikmatnya menginap di sini ketika bangun tidur menghirup udara segar khas alam.

Kampung Layung

Kampung Layung

Di dekat danau kecil ada saung yang bagus juga. Keren juga untuk dinikmati. Saung Purbasari adalah namanya. Fungsi utama saung ini adalah untuk tempat makan lesehan. Memiliki kapasitas 6-12 orang. Untuk kenyaman bersama, penggunaan saung dibatasi untuk 2-3 jam per kelompok. Supaya pengunjung yang lain dapat menikmati dengan adil.

Nah danau ini dapat dilewati dengan menggunakan sampan jika kalian ingin menuju Saung Purbasari dari kafe utama yang bernama Cafe Burangrang. Harga makanannya hmmm asoooy di kantong guweh! Danau buatan ini bernama Sangkuriang dengan sebuah panggung kecil yang apik sebagai spot foto selfie. Hahaha bukan itu juga sih tujuannya. Biasanya untuk pertunjukan seperti live music pada malam weekend.

Saung Purbasari di seberang danau buatan

Saung Purbasari di seberang danau buatan

Cafe Burangrang

Cafe Burangrang

Pasar Khatulistiwa

Pasar Khatulistiwa

Nah di dekat Cafe Burangrang ada Pasar Khatulistiwa yang menjual kerajinan khas Sunda! Asiiikk! Tepat di depannya ada area bermain untuk anak-anak, Area Tegal Pangulinan adalah sebutannya. Naik ke atas lagi ada area camp dan taman bunga yang di sertai air terjun dan aliran sungai buatan yang keren. Kawasan ini adalah Arimbi Garden. Bunga warna-warni tepat sekali untuk mengabadikan foto bagi mereka yang sedang kasmaran atau sedang bulan madu. Uuuuu~~~~~~

Area Tegal Pangulinan

Area Tegal Pangulinan

Arimbi Garden

Arimbi Garden

Oh iya hampir lupa! Ada kawasan yang bernama Lutung Kasarung. Wah apaan itu? banyak monyetnya ya? Eh banyak lutungnya ya? Siapa? Kamuuu?? Iya kamuuuu!!! Itu adalah saung yang terletak sekitar 3-5 meter di atas tanah. Lalu untuk naik ke saung itu bagaimana? Ada jembatan yang beralaskan papan-papan kayu layaknya jembatan gantung. Wuuuu seru kan! Saung tempat makan ini unik karena ada sebuah ruangan ber-AC yang di luarnya dikelilingi oleh ranting-ranting kayu seperti rumah burung.

Lutung Kasarung

Lutung Kasarung

Saung ini untuk tempat makan

Saung ini untuk tempat makan

Selesai berkeliling, kamu kembali ke tempat parkir dengan jalan kaki lagi Ron? Hahaha kagak!!! Naik mobil yang berhiaskan bunga warna-warni lah! Wara-wiri! Ihiiirrrrr!

Shuttle bus

Shuttle bus

Jika kalian ingin mengunjungi Dusun Bambu ini, informasinya ada di bawah ini!

Alamat: Jl. Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat 40551

Telepon:(022) 82782020

Jam operasional: 8:00 pagi – 9:00 malam

Sumber : http://www.dusun-bambu.com/

Peta Area Dusun Bambu. Sumber : www.dusun-bambu.com

Peta Area Dusun Bambu. Sumber : http://www.dusun-bambu.com

Salam!

JT 2014 8Nov

Advertisements

2 responses to “Dusun Bambu bukan Sekedar Dusun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s