Pantai Banyu Tibo Pacitan – Pantai Pasir Putih Cita Rasa Air Terjun

Goa Gong udah, nyasar di Pantai Buyutan juga udah. Jalan-jalan di Pacitannya monggo dilanjut! Tujuan kedua adalah Pantai Banyu Tibo. Meskipun tertatih nyasar tapi tetap harus semangat dong! Pantai yang indah ini masih dekat dengan Pantai Buyutan kok! Lalu bagaimana caranya ke sana? Ya tanya-tanya sama penduduk sekitar lah! GPS memang membantu namun menyesatkan jika sinyal hanya satu strip atau bahkan hilang. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Berbatas langsung dengan Samudra Hindia.

Kami memasuki sebuah gang yang cukup dilewati oleh satu mobil saja. Jalan menuju pantai hanya terdiri dari dua baris jalan yang dicor keras. Penduduk yang mengelola cukup kompak kok. Dari atas pantai atau lebih tepatnya di pintu masuk gang sudah ada yang bertugas, mereka berkoordinasi dengan rekan-rekan yang lain di lahan parkir yang berada di dekat pantai. Jadi jika mobil dapat bergantian naik atau turun. Karena cukup berbahaya untuk mobil yang akan kembali dari pantai, jalanannya cukup menanjak gila! So, cek kendaraan anda kemana pun jika akan bepergian!

Kami meletakkan mobil di lahan parkir yang beralaskan tanah yang lunak dan licin. Ah lupakan sejenak mobil yang terjebak tanah lunak itu!

Seperti pantai-pantai lainnya di Pacitan, pasir pantai di Banyu Tibo ini berwarna putih. Tak cukup itu saja! Masih ada air terjun yang langsung meluncur ke laut. Asoy di mata gaes! Yuk enjoy Pantai Banyu Tibo!

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

View dari atas air terjun

View dari atas air terjun

Air yang terjun ke laut ini berasal dari aliran sungai kecil yang menggenang menjadi kolam yang tenang tepat di atas air terjun. Bahkan di kolam itu ditinggali oleh ikan-ikan kecil, dan uniknya pengunjung dapat melewati kolam itu dengan melewati jembatan kecil yang terbuat dari bambu.

Jembatan bambu dan warung-warung di atas air terjun

Jembatan bambu dan warung-warung di atas air terjun

Air kolam yang jadi tempat memancing

Air kolam yang jadi tempat memancing

Di saat teman-teman yang lain sedang menuju warung yang ada di pinggir tebing karena kelaparan, aku memutuskan untuk turun ke pantai. Eh ternyata masih belum beruntung. Kok bisa? Ternyata air laut sedang pasang, demi keamanan pengunjung maka dilarang keras untuk turun ke pantai.

Jika air laut surut, pengunjung dapat turun ke pantai dengan bantuan tangga sederhana buatan masyarakat sekitar sehingga pengunjung yang turun dapat menikmati air terjun dan air laut dengan aman.

Nah jika air laut sedang pasang, wohohooooo lebih baik urungkan niatmu untuk turun ke pantai. Ingat! Warga yang mengelola tempat ini juga akan mengangkat anak tangga naik ke atas jika air laut sedang pasang. Selain itu, pantai ini berbatas langsung dengan Samudra Hindia atau laut Selatan yang terkenal ganas. Sayangilah diri anda daripada sekedar foto selfie demi eksistensi kalau sudah mengunjungi tempat yang eksotis. Nyawa anda lebih eksotis gaes!

Gagal basah-basahan!

Gagal basah-basahan!

Air pasang dan anak tangga diangkut ke atas

Air pasang dan anak tangga diangkut ke atas

Ah memang waktunya makan siang itu ya harus makan, bukan untuk bermain air. Aku pun ikut makan siang bersama teman-teman. Tak lama kemudian, turunlah hujan! Weerrrrrr! Mantapnya kopi panas!

Bengong aja deh seraya menunggu hujan reda. Hujan cukup lama ternyata mengisyaratkan kami untuk beristirahat karena perjalanan jauh dari Jogja. Singkat kata, singkat cerita hujannya reda. Kami menuju mobil untuk melanjutkan perjalanan. Baru ingat kalau mobil kami terjebak di tanah lunak dan sekarang berair menjadi lumpur. Hanya teman yang nyopir saja yang ada di dalam mobil. Aku dan yang lainnya jalan kaki di jalan menanjak hingga sampai di jalan cor yang landai. Masyarakat yang ada di pantai ini dapat diteladani gotong-royongnya dalam membantu pengunjung. Dalam hal ini, mereka membantu mendorong mobil kami agar terbebas dari tanah berlumpur dan bisa melewati tanjakan bahkan mereka tak segan-segan menyiram mobil kami yang berlumpur. Jempol empat deh buat gotong-royong mereka!

Mantap! Perjalanan pun dilanjutkan!

Salam!

JT 2014 15 Nov

Advertisements

9 responses to “Pantai Banyu Tibo Pacitan – Pantai Pasir Putih Cita Rasa Air Terjun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s