Prambanan Jazz – Jazz The Way You Are (+Video)

Pertama kali tahu ada event berkelas internasional jazz ini di Instagram (IG) @infosenijogja , ya akun IG ini membantuku meringankan kerinduan akan Jogja. Artis utama yang diusung adalah Kenny G. Uuuuuu jarang-jarang kan nonton jazz ada artis internasionalnya kalau bukan di Java Jazz. Yang menarik lagi, tiket festival senilai Rp 150.000 per orang. Wah cukup terjangkau dan murah untuk event jazz sekelas internasional. Iseng-iseng aja posting poster digital Prambanan Jazz ke dalam Path-ku , eh ada 2 orang yang nimbrung ngajakin nonton. Mereka adalah Jo dan Dian dari Surabaya.

Poster digital. Sumber : IG @infosenijogja

Poster digital. Sumber : IG @infosenijogja

Sebulan sebelumnya. Akupun membeli tiket online untuk 3 orang melalui loketics. Tiket online pun sudah terdownload di email. Tinggal berangkat aja kan.

Jo dan Dian berangkat terlebih dahulu menuju Jogja dengan naik bus, sedangkan aku dari Jember mengendarai motor. Eh ladalah di tengah perjalanan, motorku ngambek di Nganjuk. Mesinnya macet dan tidak bisa nyala. Padalah perjalanan masih jauh. Terpaksa motor harus menginap di bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan. Motor harus ganti mesin dengan biaya yang hmmm. Banyak! Mungkin sudah waktunya motor untuk ganti “hati” karena sudah lama mengikuti kemana saja dalam waktu yang cukup lama. | Eh penunggangnya uda ganti “hati” apa belum?

Akupun melanjutkan perjalanan dengan naik bus menuju Jogja dengan merelakan motor untuk menginap di Nganjuk selama 4 hari.

Teetttooottt! Semalam Kenny G dan Tompi melakukan konferensi pers di Hotel Tentrem, Jogja. Hari pagelaran sudah tiba, tapi kami belum print tiket. Lah piye jal? Akhirnya kami ketemuan dulu sambil mencicipi es krim di Tempo Gelato, biar bisa mikir. Setelah berdiskusi, kami harus mengunjungi warnet untuk print tiket di Jalan Kaliurang. Done! Print tiket sudah ready!

Press Conference di Hotel Tentrem. Sumber : IG @infosenijogja

Press Conference di Hotel Tentrem. Sumber : IG @infosenijogja

Tempo Gelatto

Tempo Gelatto

Krucuk krucuuukk! Wah ternyata sudah lewat dari makan siang dan kami belum makan. Sepertinya makan siang di BNI Foodpark yang berada di lembah UGM adalah pilihan yang menarik.

Jam 5 sore kami berangkat dari Malioboro menuju Candi Prambanan. Muke gile! Jalanan super duper macet!

Di Candi Prambanan, aku menuju tempat penukaran tiket di stand loketics. Let’s go!

Calo-calo tiket..!! Hahaha tapi bohong

Calo-calo tiket..!! Hahaha tapi bohong

Ternyata di dalam antriannya panjang juga (baca: khusus festival). Hahaha murah kok mau eksklusif? Ya tetep harus ngantri lah! Candi Prambanan tampak eksotis malam ini dengan balutan warna-warni lampu konser. Di depan panggung sudah ada pagar besi berbentuk kotak. Di dalamnya adalah kursi-kursi untuk penonton yang membeli tiket Gold, Platinum, dan Diamond. Lah yang festival di mana dong? Ya di luar pagar lah. Hmm lumayan lah. Masa lihat dari jauh? Kami memutari pagar di sebelah kanan panggung. Eh ternyata ada Tante Trie Utami (singer Krakatau Band) yang juga nonton di area tiket festival.

Antrian masuk

Antrian masuk

The Stage. Sumber : IG @infosenijogja

The Stage. Sumber : IG @infosenijogja

Ah kelamaan! Mana Prambanan Jazz-nya? | Sabar dong!

Pembukaan diawali dengan penonton diminta berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta rekan-rekan pemerintahan dan petugas keamanan ikut hadir menyaksikan Prambanan Jazz.

Band pembuka adalah Trisum. Band ini awalnya digawangi oleh Dewa Budjana, Tohpati, dan Balawan. Hingga saat ini ada penambahan personel seperti Indro Hardjodikoro (bassist), Echa Soemantri (drummer), dan lainnya. Tehnik mereka cukup mumpuni di dunia musik terutama jazz tanpa lirik, lah mereka bukan bukan penyanyi. Cukup unik karena aransemen lagunya terinspirasi dari lagu anak-anak daerah seperti Cublak Suweng, dan sebagainya. Di sela-sela pertunjukan ada pemain jazz senior yang hadir dengan kepiawaiannya menggunakan saxophone.

Aku kira performa selanjutnya adalah Tompi atau Isyana Sarasvati. Eh ternyata Kenny G dan kawan-kawan yang perform. Widiewww yang ditunggu-tunggu sudah datang! Satu persatu lagunya dipertunjukkan seakan-akan membawa penonton berada dalam resepsi pernikahan atau sedang membaca buku di Gramedia. Haha kok bisa? Biasanya di sanalah lagu-lagu Kenny G dinyalakan.

Sumber : IG @agnes_indah_72

Sumber : IG @agnes_indah_72

Kenny G

Kenny G

Jember Traveler Prambanan Jazz 02

Sumber : IG @infosenijogja

Sumber : IG @infosenijogja

Ini adalah pertama kalinya Kenny G mengunjungi Jogja dan Jawa Tengah. Kenny G sangat memanjakan penonton yang hadir, hal ini dibuktikan dengan banyaknya lagu yang ditampilkan bahkan kedua teman kami sayup-sayup tertidur di sampingku. Hahaha parah! Nonton konser kok tidur! Jam menunjukkan lewat dari jam 11 malam. Pantesan saja mereka mengantuk.

Isyana Sarasvati menyanyikan lagu Tetap dalam Jiwa dan melakukan kolaborasi dengan Tompi dalam lagu Tak Pernah Setengah Hati. Dan kemudian ditutup oleh Tompi hingga lewat dari jam 12 malam. Pada akhir konser, Kenny G yang rendah hati membagikan CD lagu-lagunya yang bertajuk “The best of Kenny G” secara gratis kepada penonton. Dan dengan kerendahan hatinya pula, Kenny G memberikan tanda tangan pada cover CD tersebut dan melakukan foto bersama penggemarnya satu per satu secara gratis. Mantap!

Simak nih videonya!

Lah  tengah malam kelaparan! Yo pasti lah. Kan belum makan malam. Prambanan Jazz ini kami tutup dengan makan tengah malam di Raminten!

Salam!

JT 2015 16 Oct

Advertisements

12 responses to “Prambanan Jazz – Jazz The Way You Are (+Video)

  1. TRIE UTAMI ronnnn, siapa yg ganti2?? 😅
    Wah aku klo ntn keknya gak akan beda jauh endingnya ama 2 tmnmu itu.. Tidur! Hahaa..
    Selama 1 minggu ke dpn ada Jazz Bandung Festival, dtg lagi sinih. Ihikihikkk..

  2. Wahhh seruuuu ya. Ternyata dirimu bareng Jo juga nontonnya. Malah tau kalo Jo nonton dari twitternya hehe. Itu serius Kenny G bagi CD plus mau tanda tanganin satu-persatu penonton? Nggak ngantuk to dia? Hahaha

    • Ga cuma bagi CD plus tanda tangan tapi juga foto bareng satu persatu.
      Kenny G nya semangat banget, ga ngantuk. Jatah perform-nya Tompi & Isyana juga diembat Kenny G. Hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s