Pantai Buyutan Pacitan – Bonus dari Perjalanan yang Kesasar

Goa Gong di Pacitan sudah dikunjungi. Nah selanjutnya kami mengalihkan tujuan menuju Pantai Banyu Tibo yang masih sejalan. Kata googlemaps sih begitu. Namun yang terjadi malah diluar dugaan kami. Dengan bantuan GPS yang ada di mobile phone kami akhirnya kesasar atau wrong way. Essih bahasamu kemenyek Ron! Kok tiba-tiba kami berada di jalan yang dikelilingi oleh sawah-sawah yang tidak lagi menghijau. Para petani sedang berusaha menggemburkan tanah pertanian dengan menyemprotkan air. Petak sawah tak hanya saja dari gundukan tanah, namun juga dengan tumpukan batu-batu kapur. Wah teknologi pertanian dengan menggunakan batu kapur itu pernah aku ketahui saat mengunjungi kelompok petani hutan yang ada di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Area Pertanian

Area Pertanian

Menggemburkan Tanah

Menggemburkan Tanah

Eh ternyata ada papan informasi tentang pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini. Pantai Buyutan namanya. Berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Jawa Timur. Cukup menarik pantai ini, pasir putih dan gugusan batu karangnya mengingatkanku akan Pantai Papuma yang berada di Jember. Ya sudahlah, kami akhirnya turun dari mobil dan berjalan kaki menuruni jalan menuju pantai. Pembangunan jalan beton masih terus dikerjakan. Rupanya pantai ini akan diseriusi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata yang membantu perekonomian warga sekitar.

Papan Informasi

Papan Informasi

Jember Traveler Pantai Buyutan 05

Jember Traveler Pantai Buyutan 04

Pantai ini dapat dikatakan kurang ramai pengunjung, tapi ada saja sekelompok orang yang mendirikan tenda untuk menginap sambil menikmati keindahan Pantai Buyutan.

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Pasir berwarna putih

Pasir berwarna putih

Jember Traveler Pantai Buyutan 08

Di pantai cuaca terasa sangat panas. Kami berteduh dan beristirahat pada sebuah kedai atau warung yang menjual makanan dan minuman. Semilir angin sepoi-sepoi membuatku ingin tidur sebentar di sini. Segelas kopi membangunkanku untuk melanjutkan perjalanan mencari Pantai Banyu Tibo.

Kunjungan singkat ini cukup menguras tenaga. Loh kok bisa? Tanjakan untuk kembali ke parkiran itu loh! Hmmm cukup menanjak dan jantung terasa terbakar. Apa itu alasannya? Bukan lah. Hahaha. Mobil kami harus memutar balik agar bisa kembali ke jalan, tapi yang terjadi adalah ban mobil masuk ke dalam lumpur. Modiar tenan! Dengan berbagai cara kami mencari batu-batu untuk menyangga ban mobil serta bergotong-royong mengangkat dan mendorong mobil.

Pantai Buyutan? Cukup recommended deh untuk kalian yang berkunjung ke Pacitan.

Salam!

JT 2014 15Nov

Advertisements

5 responses to “Pantai Buyutan Pacitan – Bonus dari Perjalanan yang Kesasar

  1. ini kalau sama pantai klayar mananya mas..saya ke pacitan baru dua kali hehe, model pantainya jg kayak klayar ya, ada karangnya yang menjulang ke atas atas gitu

  2. Pingback: Pantai Banyu Tibo Pacitan – Pantai Pasir Putih Cita Rasa Air Terjun | Jember Traveler·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s