Pantai Pancer Jember – Wisata Si Pemecah Ombak

Pantai Pancer adalah sebuah pantai yang berada di Kabupaten Jember tepatnya di Puger. Untuk menikmati keindahan pantai ini lewat mana? Kalau rute yang kutempuh adalah melewati Jember kota -> Balung -> Puger. Nah Puger sebelah mana? Agak sulit sih dijelaskan. Ikuti saja jalan berkapur atau tanya saja ke orang sekitar tentang Jalur Lintas Selatan (JLS) atau tanya langsung Pantai Pancer.

Kebetulan kali ini Afrin dan temannya mengajakku untuk mengunjungi mercusuar di Puger. Ya berangkat aja lah, mumpung ada waktu luang. Kami bertemu di seberang Masjid Al Huda dengan mengendarai motor. Santai saja lah berkendara, safety riding first! Perjalanan menuju mercusuar kami tempuh sekitar 45 menit. Namun sayang sekali, pintu mercusuar tertutup karena penjaganya sedang keluar untuk beristirahat. Yah mau kemana dong? Tepat di samping mercusuar, ada sebuah jalan yang menuju Pantai Pancer. Kami akhirnya memutuskan untuk menuju pantai, di sana sudah ada beberapa orang yang menjaga pos masuk. Mereka adalah anggota dari Usaha Linmas Puger Kulon. Kami membayar tiket masuk dan parkir. Tempat parkir teduh yang berbentuk gazebo sederhana sudah tersedia. Selain itu ada beberapa warung yang menarik untuk menikmati ikan bakar.

Mercusuar

Mercusuar

Sebenarnya Pantai Pancer adalah spot memancing. Yup tempat memancing favorit untuk yang hobi memancing ikan bukan memancing keributan loh. Kadang aku terheran-heran dengan orang yang hobi memancing, di terik matahari mereka di tepi laut hanya untuk memancing. Meski ikan yang didapatkan tidak banyak, mereka mau melakukannya demi sekedar hobi. Di sanalah letak nilai tambah dari pemancing, mereka bukan hanya sekedar memancing ikan namun juga melatih mental dan kesabaran.

Ombak yang mulai menerjang

Ombak yang mulai menerjang

Beton pemecah ombak

Beton pemecah ombak

Sedang berjemur

Sedang berjemur

Karang dan beton

Karang dan beton

Pantai ini terletak tepat di sebelah “plawangan”. Disebut “plawangan” (baca : pintu) karena merupakan tempat keluar masuknya perahu bagi nelayan-nelayan di Puger. Beton-beton sudah terpasang di garis pantai untuk memecah ombak dari Samudra Hindia. Tak disangka pantai yang dulunya kurang bersih dan kurang menarik, sekarang menjadi lebih bersih dan memiliki nilai wisata maupun nilai ekonomi bagi masyarakat.

Tak jauh dari sana ada kampung nelayan. Kami kembali pulang bersamaan dengan nelayan yang pulang dari melaut.

Walaupun tak mendapatkan yang diinginkan seperti mengunjungi mercusuar tapi kami mendapatkan pengetahuan tentang Pantai Pancer. Sama halnya dengan kehidupan yang tak terduga, begitu juga dengan perjalanan. Jalani saja dan kamu akan mengetahui apa yang dapat disyukuri.

Nelayan Puger

Nelayan Puger

Salam!

JT 2015 21August

Advertisements

6 responses to “Pantai Pancer Jember – Wisata Si Pemecah Ombak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s