Masjid Muhammad Cheng Ho di Jember

Papan nama

Papan nama

Tepat pada tanggal 13 September 2015 yang lalu di Kota Jember telah diresmikan sebuah masjid yang unik dan bergaya arsitektur Tionghoa oleh Bapak Bupati MZA Djalal. Nama tempat ibadah ini adalah Masjid Muhammad Cheng Ho. Loh kok bisa ada masjid itu di Jember? Adakah Cheng Ho menginjakkan kakinya di Jember? Siapa sih Cheng Ho ini?

Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho

Cheng Ho adalah laksamana dari Kerajaan Dinasti Ming yang melakukan ekspedisi ke beberapa belahan dunia untuk melakukan perdagangan rempah-rempah dan kain sutra maupun misi damai menyebarkan agama Islam melalui jalur laut. Selain itu Cheng Ho mewariskan peta navigasi yang cukup modern dan membawa kebudayaan dari tempat yang ia kunjungi. Seperti yang kita ketahui, Cheng Ho adalah kasim Muslim yang dipercaya oleh kaisar pada waktu itu.

Laksamana Cheng Ho memiliki armada yang besar dan banyak dalam melakukan ekspedisinya. Ekspedisi tersebut dilakukannya sebanyak 7 kali dan hingga sampai pada Benua Afrika. Armada Cheng Ho berhubungan erat dengan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara atau Indonesia. Contohnya kerajaan apa? Kerajaan Samudra Pasai di Aceh, Kesultanan Cirebon, hingga Kerajaan Majapahit. Jejak peninggalannya di Indonesia juga cukup banyak, salah satu contohnya adalah Klenteng Sam Po Kong di Semarang maupun gong yang berada di Aceh.

Masjid Muhammad Cheng Ho juga ada di beberapa tempat di Indonesia, yaitu  di Surabaya, Palembang, dan Pandaan Pasuruan.

Lantas mengapa di Jember terpilih sebagai salah satu kota yang dibangun Masjid Muhammad Cheng Ho? Di Jember terdapat perkumpulan yang bernama Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Masjid ini dibangun dengan tujuan agar anggota PITI dapat sering berkumpul tanpa harus canggung dalam melakukan ibadah dan kegiatan sosial lainnya. Seperti yang kita ketahui banyak anggota PITI yang selama ini melakukan ibadah di rumahnya sendiri bersama keluarga dan anggota lainnya.

Apakah Cheng Ho pernah mengunjungi Jember? Jawabannya tidak. Keberadaan masjid ini adalah salah satu bukti bahwa Kota Jember menerima setiap kebudayaan dan agama dengan tangan terbuka.

Di manakah letak masjid ini di Jember? Lokasinya terletak di belakang kantor Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates yang berada di Jalan Hayam Wuruk atau bisa juga melalui Jalan Majapahit di belakang Carrefour. Tanah tempat masjid ini dibangun merupakan tanah negara yang dihibahkan. Ketika aku mengunjunginya, meskipun telah diresmikan namun masih belum bisa beroperasinal dengan baik karena masih tahap finishing dan pengerjaan interior masjid maupun pagodanya.

Masjid dan pagodanya

Masjid dan pagodanya

Kaligrafi di salah satu dindingnya

Kaligrafi di salah satu dindingnya

Langit-langit

Langit-langit

Sisi dalam yang masih dalam pengerjaan

Sisi dalam yang masih dalam pengerjaan

Masjid ini cukup unik dan bagus untuk fotografi. Namun pengunjung maupun jamaah yang datang tetap dijaga norma-norma agama dan sopan santun dalam pengambilan gambar. Harus menjaga ketenangan dan kebersihan karena tempat ini adalah tempat ibadah yang perlu dihormati.

Salam!

JT 2015 30Sept

Advertisements

4 responses to “Masjid Muhammad Cheng Ho di Jember

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s