Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng Khas Bantul

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto

Masakan… Kuliner…. Mbadhog… Hahahaha… Ok gaes! Nih aku beri salah satu makanan dari Yogyakarta yang wajib kalian masukkan ke dalam daftar kuliner lokal yang harus kalian coba. Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng. Pertama kali mengenal mangut lele ini karena makan siang bersama Mas Suryo, Mas Sugeng dan Mas Bowo yang notabene adalah sahabat sekantor. Kami ke sini setelah ada aktivitas pendampingan sertifikasi kayu legal dengan ASMINDO Jogja.

Banyak jalan yang bisa dilalui untuk menuju Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng yang berada di Dusun Nengahan, Ngiri-ngiri, Panggungharjo, Sewon, Bantul.  Namun jalan termudah untuk mencapai rumah makan sederhana ini adalah dengan melewati Jalan Parangtritis KM 6,5 lalu melewati Kampus ISI dan setelah Kantor Pos Sewon masuk saja belok kanan ke sana. Atau lebih mudahnya bisa tanya dengan masyarakat sekitar. Melewati jalan di sebelah masjid, hingga akhirnya tiba juga di lokasi itu.

Tempat yang sederhana ini hanya bisa dimasuki oleh sepeda motor, sedangkan mobil harus diparkir di pinggir jalan. Aku tak menyangka tempat yang cukup tersembunyi ini banyak pengunjungnya juga. Kok bisa? So pasti terheran-heran lah. Gimana logikanya tempat nyempil dari kota kok banyak pengunjungnya? Pasti penyebabnya makanannya enak dan sudah lama dikenal orang. OK fine, harus dicari tahu dengan memasuki rumah makan ini.

Aku mengikuti Mas Suryo dan Mas Sugeng memasuki dapurnya. Loh… Loh… Kok mau makan harus masuk ke dapurnya? Wes manut ae ngikut masuk ke dapur. Widiewww ada beberapa pilihan makanan di ranjang kayu bambu itu langsung mengoyak-ngoyak perutku dan upssssss air liur hampir saja jatuh. Hahaha… Di dapur ini kalian bisa melihat langsung bagaimana mereka memasak mangut lele yang khas itu, semuanya dimasak dengan tungku perapian tradisional dengan bahan bakar arang. Aku memilih mangut lele pedas, telur, dan ditaburi krecek gudeg manggar. Mangut lele pedasnya mantap! Krecek gudeg manggarnya hmmm ces ces di lidah tetap istimewa.  Uuuuu~~~~~~

Dapur

Dapur

Lele yang dikukus

Lele yang dikukus

Bumbu masakan diuleg (ditumbuk)

Bumbu masakan diuleg (ditumbuk)

Pilihan menu makanan

Pilihan menu makanan

Mangut Lele pilihanku

Mangut Lele pilihanku

Selamat makan!!! Hahahahaahaaa….

JT 2014 21Oct

Advertisements

4 responses to “Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng Khas Bantul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s