Bersegar Ria di Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan sebuah pemandian umum atau lebih mudahnya disebut kolam renang terbuka (outdoor) yang berada di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Kolam Umbul Ponggok berukuran panjang 70 m dan lebar 40 m. Dalamnya berapa meter? Ya cukup dalam untuk belajar menyelam (diving), ya sekitar 3-5 meter di bagian tengah. Airnya kok bisa jernih ya? Air yang berada di kolam ini berasal dari mata air yang berada di tengah kolam. yang unik dari pemandian ini, kalian bisa berenang dengan ikan-ikan. Wah seru juga kan! 4211

Ikan-ikan dilihat dari atas

Ikan-ikan dilihat dari atas

Dari dalam air juga jernih

Dari dalam air juga jernih

Ikan ada berpasangan, kamu????

Ikan ada berpasangan, kamu????

Umbul Ponggok ini adalah salah satu bukti keberhasilan masyarakat sekitar dan kabupaten-kabupaten tetangga dalam mengelola hutan rakyat. Salah satu fungsi hutan adalah berfungsi dalam penyerapan air. Hutan rakyat adalah hutan yang berada pada tanah yang dibebani hak atas tanah (pajak) yang berada di luar kawasan hutan dan dibuktikan dengan alas title atau hak atas tanah. Warga Kabupaten Klaten (Jawa Tengah), Kabupaten Boyolali (Jawa Tengah), dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang terletak di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu tersebut, saat ini gemar menanam pohon. Hal ini disebabkan oleh pohon-pohon yang sudah siap tebang memiliki nilai ekonomis yang menguntungkan warga. Yang terpenting dari semua itu pohon-pohon yang ditanam untuk melestarikan lingkungan dan melindungi masyarakan dari bencana tanah longsor dan banjir.

*****

Pengalaman ini berawal dari seorang sahabat yang pindah menjadi satu kos denganku. Yoseph Risi namanya, atau dengan nama bekennya yaitu Jembatan Dunia. Dia adalah traveler expert dari Toraja yang sudah melanglang buana meng-explore Indonesia. Untuk merayakan kepindahan kos, kami sepakat untuk melakukan sebuah perjalanan singkat yang dekat dengan Jogja.

Terpilihlah Umbul Ponggok sebagai tempat yang ingin kami kunjungi untuk berenang sekaligus olah raga lah biar sehat. Biar rame kami ajak sahabat yang bernama Ireng. Dia berasal dari Jember Coret (Kabupaten tetangga dari Jember) tepatnya Kabupaten Lumajang. Pertama kali mengenalnya, aku heran kenapa namanya Ireng (baca : hitam dalam bahasa Jawa). Eh ternyata bapaknya adalah penggemar musisi jazz Indonesia tempo dulu yang bernama Ireng Maulana. Lantas bagaimana dengan Ireng Maulana sahabatku ini? Apakah dia seorang musisi jazz juga??? TIDAK. Dia adalah koki galau yang saat itu bekerja di sebuah cafe daerah selokan Mataram dekat jalan seturan Yogyakarta. ZONK!!! ZONK!!! ZONK!!! 4224Hahahaha semoga aja dia gak baca kalimatku ini!!!

Jam kerja Ireng berakhir pada jam 2 dini hari sehingga dia memilih tidur di cafe tempat dia bekerja sambil menunggu kami. Kami tidak tau kos-nya dan Ireng lagi males balik ke kos saat dini hari. Ya mau bagaimana lagi coba! Pada pukul 7 pagi kami menjemputnya, eh cafe tersebut berubah menjadi tempat tidur dari karyawan-karyawannya. Hahaha unik sekali. Seperti biasa, Ireng kalau tidur itu susah dibangunin! Memang jam tidurnya beda sama pekerja biasanya. Jadi perlu dibangunkan dengan ekstra lebih maksa.5433

Kami pun berangkat menuju Kabupaten Klaten. Berhubung Umbul Ponggok sudah ada di GPS mobile kami, ya tinggal nge-gas aja. Jossss!!! Cukup mudah kok untuk mengunjungi kolam pemandian warga ini. Jalanan sudah beraspal meskipun ada beberapa titik yang berlubang, tak masalah lah! Pemandangan hijau juga cukup menyegarkan mata kami. Udaranya, hmmmm fresh semriwing pokoknya!

Kami menitipkan motor pada tempat parkir yang berada tepat di depan lokasi pemandian. Perut sudah terasa lapar. Memang wajib makan dahulu sebelum renang, biar memiliki energi untuk menikmati air yang jernih. Kami membayar tiket masuk kemudian menyantap semangkuk soto pada sebuah warung yang berada di dekat kolam. Infrastuktur sudah bagus. Ada beberapa kamar mandi untuk berbilas, penitipan barang-barang, kalau warung sudah jelas ada. Persewaan baju pelampung, ban pelampung, dan peralatan snorkling juga ada. Yang cukup inovatif dan menarik perhatian yaitu adanya jasa laminating handphone dan persewaan case underwater untuk handphone dengan harga sekitar Rp 5.000an lah. Cukup terjangkau lah! Jasa laminating dan case underwater tersebut untuk membantu pengunjung yang menginginkan mengambil foto saat berada di dalam air. Wah keren kan!

Sudah saatnya kami mulai berenang. Eh ternyata hanya Ireng yang tidak membawa pakaian ganti dan handuk untuk bilas! Lah cilakak iki! 4328Yo gapopo wes, bajunya dilepas aja biar gak basah. Nanti pulangnya menunggu celananya sudah agak kering.

Matahari yang cenderung masih miring membuat foto-foto underwater menjadi lebih terang. Eh ladalah ternyata Ireng dan Bang Yos tidak bisa renang!! Lah aku harus bagaimana??? graphics-3d-smileys-160974Renang di pinggir aja lah setidaknya olahraga sambil bergaya. Air kolam terasa super segar dan dingin brrrrrrrrr!!!! Masih pagi dan air dari sumbernya memang ajib nikmatnya.

Ok saatnya foto underwater-an!!! Mumpung Bang Yos punya camera dari handphone yang anti air. Huahahahaha memanfaatkan aset sahabat.

Jember Traveler Umbul Ponggok 05

Jember Traveler Umbul Ponggok 06

Jember Traveler Umbul Ponggok 07

Jember Traveler Umbul Ponggok 04

Wah wah wah semakin siang, pemandian semakin ramai pengunjung dan langit juga mendung, susah sekali untuk mendapat foto underwater yang bagus. Hingga pada akhirnya kami pulang menuju Jogja kembali untuk istirahat dan tidur lagi. Pengalaman yang cukup menyenangkan.

Keramaian di dekat jembatan

Keramaian di dekat jembatan

Makin siang makin ramai

Makin siang makin ramai

JT 2015 11Januari

Advertisements

8 responses to “Bersegar Ria di Umbul Ponggok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s