Sang Surya Terbit di Pantai Losari

Sunrise di Pantai Losari ??? 0012Sepertinya ada yang salah dengan judul ini! Ah mungkin salah baca! Atau salah ketik ini Ron! 4354 Mendadak suasana menjadi hening dengan kalimat sebelumnya. *pensive*

BENAR! Pembaca yang budiman tidak salah mencerna rangkaian huruf yang telah tertulis dengan ala kadarnya itu. Kami lah yang salah berada dalam keadaan yang tidak tepat. Nah kalau sudah tau, mengapa kami memutuskan untuk meninggalkan debu jejak kaki di Pantai Losari ini di pagi hari? Pantai Losari adalah sebuah landmark dari Kota Makassar di Sulawesi Selatan. Simbol kejayaan Suku Bugis di abad milenium yang terbingkai indah dengan perkembangan teknologi. Sebuah icon yang tepat untuk menikmati matahari terbenam dengan warna kemerahan yang menyejukkan hati. Namun akan menjadi pilihan yang kurang baik untuk menikmati matahari terbit, seperti berdiri di puncak mercusuar yang dikelilingi tebing-tebing yang tinggi.

Kisah ini adalah tenunan perjalanan yang terajut dengan rapi ketika kami selesai mendahagakan dinding lambung dengan sepiring mie titi di Pare-pare. Seorang pengemudi yang memiliki kualifikasi melalui pengalaman itu mengantarkan kami ke Pantai Losari saat dini hari. Menjelang putaran detik jam terakhir, tak ada destinasi lagi selain Pantai Losari untuk kami yang haus akan pengalaman berharga dari sebuah perjalanan.

Oto dimensi panjang beroda empat yang kami sewa sudah berteduh di tempat parkir. Pelita di tepi pantai menjadi refleksi menakjubkan ketika cahaya lampu larut ke dalam air laut. Semangat nelayan masih bersinar cerah ketika perahu mereka mulai membelah hempasan ombak untuk menangkap ikan di perairan Nusantara.

Pantai Losari

Pantai Losari

Sebagian dari kelompok pejalan ini memilih untuk melanjutkan mimpi , sebagian lagi memilih untuk keluar menikmati keheningan pantai. Senandung suara adzan mengalun merdu di daun telinga, dentuman beduk memanggil insan manusia untuk menunaikan ibadah subuh. Masjid terapung Amirul Mukminin terlihat megah seperti oase berkilauan yang terlihat musafir sesaat melewati keringnya padang gurun.

Masjid "terapung" Amirul Mukminin

Masjid “terapung” Amirul Mukminin

Bau yang kurang sedap dan sampah berserakan menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan karena kesadaran akan kebersihan yang belum tertanam subur di benak pengunjung. Kami melangkah menikmati pantai menuju tempat parkir untuk menemui sahabat yang lain.

Matahari yang sesungguhnya tak dapat kutemukan di pantai ini. Barisan gedung menjadi pagar yang menghalangi kami untuk menyapa sang surya. Hingga pada ujungnya ketemukan sinar yang hangat itu. Sang surya yang terbit di Pantai Losari adalah senyum ceria para sahabat.

Sesaat menjelang matahari terbit

Sesaat menjelang matahari terbit

Patung yang menggambarkan permainan tradisional Suku Bugis

Patung yang menggambarkan permainan tradisional Suku Bugis

Jember Traveler Pantai Losari 06

Jember Traveler Pantai Losari 05

JT 2013 23Sept

Advertisements

2 responses to “Sang Surya Terbit di Pantai Losari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s