Festival Durian Gunungkidul

Festival durian selalu dinantikan oleh pecinta kuliner durian serta petani-petani durian yang ada di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Selain untuk mengurangi dampak pemanasan global, durian juga mempunyai nilai ekonomis untuk kelangsungan hidup bagi petani sekitar. Festival durian 2015 ini adalah kedua kalinya diadakan di Gunungkidul. Kegiatan kreatif ini berlokasi di Gogor Park, Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Yogyakarta. Festival durian ini hasil kerja sama dari Universitas Sanata Darma Yogyakarta, Pemerintah Gunungkidul, dan masyarakat.

Ekowisata Gogor Park dibuka pada tahun 2013 dan dikelola oleh penggiat wisata Ngasemayu. Di basecamp Gogor Park kita bisa melihat pemandangan yang berupa pengunungan. Salah satu wisata yang ditawarkan adalah camping ground, dan trekking menyusuri pegunungan. Untuk info lebih lanjut bisa membuka website http://www.gogorpark.com .

Pintu masuk Gogor Park

Pintu masuk Gogor Park

Basecamp Gogor Park

Basecamp Gogor Park

Gunungkidul memiliki varian durian langka yang hanya cocok ditanam di tanah tersebut karena struktur tanah yang berwarna merah. Cara membedakan durian ini dengan durian yang lainnya adalah dengan cara mengkoret kulit durian dengan pisau. Saat mengkoret kulit durian itu akan terdengar bunyi “kruk kruk” (suara dari durian, bukan suara perut lapar), maka itu adalah durian lokal langka dari Gunungkidul. Nama durian ini adalah durian Kencono Rukmi.

Tahun 2015 ini adalah kedua kalinya diadakan festival durian. Meskipun produksi durian tahun ini merosot dibandingkan tahun lalu, hal ini disebabkan oleh adanya puting beliung dan curah hujan yang tinggi sehingga durian jatuh dari pohon pada saat belum matang.

Lomba yang dipertunjukkan adalah kontes durian, lelang durian, dan lomba makan durian. Kontes durian dan lelang durian diikuti oleh petani-petani durian se-Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Petani dibebankan biaya registrasi sebesar Rp. 10.000,- dan membawa 2 (dua) buah durian yang sama. Satu untuk lelang durian dan satunya untuk kontes durian.

Lelang durian

Lelang durian

Lelang durian dibandrol dari Rp 30.000,- sampai Rp 50.000,- dan akan terus meningkat sampai ada yang berani menawar harga tertinggi. Untuk pemenang kontes durian akan mendapatkan tambahan hadiah berupa madu lanceng Gunungkidul dari Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG). Juri kontes durian berasal dari Dinas Pangan dan Holtikultura Gunungkidul.

Kontes durian

Kontes durian

Durian terbesar di festival ini

Durian terbesar di festival ini

Madu lanceng

Madu lanceng

Adapun kriteria-kriteria kontes durian adalah sebagai berikut :

  1. Asal usulnya jelas di Kecamatan Patuk, Gunungkidul
  2. Penampilan luar : bobot buah, bentuk buah, warna buah
  3. Penampilan dalam : tekstur daging buah, serat buah, kematangan, warna daging buah
  4. Daging buah : ketebalan daging buah, pongge, kadar air
  5. Rasa daging buah : rasa, aroma, keunikan.

Untuk lomba makan, peserta berasal dari pengunjung maupun dari warga sekitar. Biaya untuk ikut berpartisipasi adalah Rp 100.000,-

Transaksi jual beli durian tidak hanya berada di lokasi festival durian namun juga berlangsung di sepanjang jalan. Harga pasaran untuk satu buah durian biasa pada saat itu dibandrol seharga Rp 50.000,-

Pengendara menawar durian di tepi jalan

Pengendara menawar durian di tepi jalan

Petani durian dengan bangga membawa hasil panennya

Petani durian dengan bangga membawa hasil panennya

Hal ini cukup menguntungkan perekonomian petani yang sudah menunggu lama festival durian, selain itu pengunjung festival ini membludak sehingga ruas jalan antara Yogyakarta dan Gunungkidul menjadi macet. Tentu saja karena banyaknya penggemar buah durian dan penikmat wisata kreatif. Tapi tetap diingat! Kalau makan buah durian tetap harus secukupnya untuk menjaga kesehatan diri kita sendiri.

JT 15 22Feb

Advertisements

10 responses to “Festival Durian Gunungkidul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s