Pasar Malam Sekaten Jogja dan Sejarahnya

Jember Traveler Sekaten 10

Sejarahnya pasar malam Sekaten itu gimana sih? Ini pertama kalinya aku nangkring di alun-alun Utara, dekat dengan Kraton Ngayogyakarta. Yang terpikir di otakku kalau pasar malam Sekaten itu pasti banyak makanan (maklum ini nulisnya lagi kelaparan). Selain jajanan juga ada arena bermain yang dulu aku ikuti saat masih kecil. Mumpung ada seseorang yang bisa diajak main ke sini dan lagi buntu mau kemana, ya mampir aja wes.

Beruntung cuaca cukup cerah untuk bermain di pasar malam ini. Suasananya cukup padat dan jadi lahan hijau untuk pengelola tempat parkir.

Stand Penjualan

Stand Penjualan

Mancing

Mancing

Lagi semangat mompa balon

Lagi semangat mompa balon

Kapal kotok

Kapal kotok

Sepur-sepuran

Sepur-sepuran

Jember Traveler Sekaten 03

Jember Traveler Sekaten 08

Jember Traveler Sekaten 09

Jember Traveler Sekaten 07

—–

Jadi bagaimana sih sejarah Sekaten di Jogja itu?  Sepahamku sih pasar malam Sekaten diadakan sebulan sebelum Maulid Nabi tepatnya bulan Mulud. Cerita singkatnya sih saat jaman Wali Songo dulu, sebutan Sekaten diambil dari nama gamelan yang bernama Gamelan Kyai Sekati. Gamelan tersebut berasal dari Kerajaan Demak saat pemerintahan Raden Patah. Sunan Kalijogo membawa gamelan itu ke Ngayogyakarta tepatnya ke Masjid Agung dengan misi mengajak masyarakat yang masih menganut paham animisme dan dinamisme untuk menganut agama Islam. Sunan Kalijogo membunyikan gamelan itu untuk menarik perhatian masyarakat sambil menyebarkan agama Islam. Saat jaman itu, gamelan adalah hiburan yang lagi top trending. Jadi alun-alun menjadi ramai dengan pengunjung maupun dengan orang yang berjualan.

Konon saat puncak Sekaten, gamelan ini dikeluarkan dan diarak. Replika gamelannya yang masih bisa dimainkan, karena gamelan yang asli sudah usang berumur ratusan tahun namun tetap dikeramatkan.

—–

Pasar malam Sekaten sudah menjadi kegiatan yang berlangsung turun-temurun dan disesuaikan dengan perkembangan jaman. Antusias masyarakat masih tinggi menyambut pasar malam dari tahun ke tahunnya.

JT 14 19Des

Advertisements

6 responses to “Pasar Malam Sekaten Jogja dan Sejarahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s