Eksotika Kawah Putih di Bandung

Dari Tengah Jawa, aku menggeser sedikit ceritanya ke daerah Barat, yaitu ke ibukota Jawa Barat, Bandung. Kalau melihat Bandung, tentunya tidak lepas dari kesan kota belanja, mode, kuliner, dan tidak ketinggalan wisata alamnya. Ya, di sini memang banyak terdapat objek wisata alam yang telah dikenal luas, dan salah satunya adalah Kawah Putih yang terkenal itu. Kalau dilihat sekilas, area Bandung ini umumnya sering dipadati oleh orang Jakarta, khususnya pada akhir minggu, tetapi sebenarnya banyak juga kok pengunjung-pengunjung dari daerah lain, termasuk luar Jawa.

Kawah Putih, heemmm…tempat yang berlokasi di Ciwidey Bandung ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Bentukan alam sekian ratus bahkan mungkin ribuan tahun membuat tekstur alam sekitar Kawah Putih ini lebih eksotik dan tidak lupa banyak orang yang ingin mengabadikan momen di sana melalui foto dan video. Sebagian turis yang ke tempat ini menginap di daerah Ciwidey, tapi banyak juga yang ke sini hanya berkunjung sebentar dan mereka lebih memilih menginap di pusat kota Bandung yang memang lebih strategis. Selain lebih strategis, pilihannya juga lebih banyak, mulai dari penginapan melati, motel, hotel berbintang hingga hotel bertarif murah di Bandung.

Untuk pergi ke Kawah Putih, kita harus menempuh 50km ke arah selatan Bandung. Bagi yang ingin backpackeran, kamu bisa ke terminal Leuwi Panjang dulu, setelah itu baru lanjut naik angkot ke Ciwidey sampai ketemu pintu gerbang Kawah Putih. Untuk tiket masuknya cukup terjangkau nih, hanya Rp15.000/orang untuk turis lokal, sedangkan turis mancanegara dikenakan Rp30.000. Dari sini keseruan baru dimulai, karena kita harus menempuh jarak 5km menanjak ke atas hingga sampai di tempat tujuan. Tapi tenang, kamu tidak perlu jalan kaki, karena pengelola di sini menyediakan sarana transportasi yang dinamakan ontang anting dengan biaya Rp10.000/orang untuk pulang pergi..cukup terjangkau hehe. Mobil-mobil ini selalu siap mengantar pengunjung dari pintu gerbang menuju lokasi puncak kawah. By the way, Nama Ontang Anting ini diambil dari bahasa sunda yang artinya mondar-mandir ya.

Ontang-anting

Ontang-anting

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, baik itu motor maupun mobil, maka bisa memarkirkan kendaraannya di dua areal parkir yang sudah tersedia. Kedua tempat parkir ini letaknya ada yang di bawah dekat dengan pintu masuk atau disebut tempat parkir bawah dan tempat parkir atas yang dekat lokasi kawah. Untuk tariff parkir, bawah lumayan terjangkau, untuk motor dikenakan biaya Rp5000, dan mobil Rp6000. Tapi lain ceritanya kalau mau parkir di atas, karena tarifnya lumayan tinggi, yaitu Rp150.000 untuk mobil hehe. Maka dari itu, ada baiknya parkir di bawah aja, terus lanjutin ke atas pake ontang-anting ya.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Setelah menempuh sekitar 15 menitan, sampailah di TKP/lokasi utama. Wihh, yang dirasakan adalah baru belerang yang menyengat, tapi pemandangannya luar biasa. Hamparan air di danau yang berwarna putih, ditambah dengan hutan dan pegunungan, serta udaranya yang sejuk membuat kita lupa sejenak akan rutinitas dan rumah pastinya haha. Ada beberapa tips agar lebih nyaman bila kita berkunjung ke sini, yaitu:

  • Bagi yang berkunjung dari luar kota bisa menginap di sekitar Ciwidey, atau bagi yang ingin berputar-putar di Bandung, maka bisa menginap di beberapa tempat strategis, seperti di Hotel Fave Bandung, atau Ibis yang dikelilingi pusat keramaian.
  • Suhu udara di sini dingin, tapi lebih baik pake sunblok sebelum kita ke tempat ini.
  • Pakai masker kalau ga kuat bau belerang
  • Jangan kelamaan di area kawah karena dapat mengganggu pernapasan
  • Gunakan ontang-anting untuk menghemat biaya, kecuali kalau bawa rombongan baru parkir di atas

Nah, itulah sedikit cerita mengenai wisata Kawah Putih di Ciwidey Bandung Selatan. Kalau kamu berada di sekitar Bandung, ga ada salahnya kalau mampir ke sana ya. Selain asik, tempat ini juga cocok banget buat foto-foto, khususnya buat momen prewedding hehe.

Tempat wisata ini buka dari jam 07.00 sampai jam 17.00 wib. Jadi tunggu apalagi, ayo kita ramai – ramai ke tempat wisata Kawah Putih Bandung.

Disponsori oleh : travelokafave-Braga-Exterior-2-B

Advertisements

10 responses to “Eksotika Kawah Putih di Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s