Grebeg Suro di Baturraden 2014

Apa sih grebeg suro itu? Ini adalah pengalaman pertamaku melihat langsung prosesi grebeg suro. Grebeg suro ini adalah sebuah ritual turun-temurun yang dilakukan sebagai ucapan syukur kepada Sang Pencipta. Jadi yang diarak oleh masyarakat pastinya adalah gunungan yang berisi hasil bumi.

Berawal dari sekedar melepas penat, aku melakukan perjalanan ke Purwokerto. Kebetulan saja ada event grebeg suro di Baturraden. Baik Baturraden maupun Purwokerto masih termasuk bagian dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Grebeg suro kali ini adalah yang terbesar dari grebeg suro yang pernah diadakan di Baturraden. Puluhan kelompok desa penyangga di lereng Gunung Slamet ikut serta menambah kemeriahan acara ini. Ya harap maklum aja, arak-arakan yang biasanya khusyuk selama 45 menit molor menjadi 2 jam. Wah daripada menunggu lama, lebih baik jalan-jalan di kawasan ecopark-nya.

Aku sedikit fobia berada di keramaian dengan suhu udara yang mulai memanas. Akhirnya aku mencari tempat strategis di tengah persimpangan yang agak tinggi sehingga cukup leluasa melihat arak-arakan berlangsung.

Memang cukup lama menunggu arak-arakannya tiba, disambi jalan-jalan di ecopark aja masih belum datang. Baiklah aku berdiri di pojokan layaknya tiang rambu-rambu jalan. Nguing-nguing!!

Yak yak akhirnya datang juga!! Sebelum rombongan utama hadir, ada sekelompok pesulap yang dipimpin oleh Limbad (The Master Season 2) untuk melakukan atraksi. Atraksi yang sudah biasa dilakukan A’a Deddy Corbuzier yaitu mengendarai motor dengan mata tertutup. Tak selesai dengan pertunjukan itu, atraksi dilanjutkan dengan debus (baca link ini http://id.wikipedia.org/wiki/Debus jika ingin lebih tau tentang debus). Kalau aku sih ngeri banget nonton debus. Baiklah kita fokus nonton arak-arakannya aja yak!

Suasana sebelum arak-arakan datang

Suasana sebelum arak-arakan datang

Atraksi naik motor dengan kepala tertutup

Atraksi naik motor dengan kepala tertutup

Hadir sebagai pimpinan rombongan dengan pakaian adat Jawa yang dilengkapi sebilah keris. Oh itu adalah Bupati dan Wakil Bupati Banyumas.  Di belakangnya sudah ada gunungan hasil bumi yang sudah ditunggu-tunggu untuk direbutkan oleh warga. Mengular ke belakang beragam kesenian daerah yang disajikan baik yang bernuansa Islami maupun berbau mitos. Rombongan dikawal oleh kawanan pemuda yang dicat hitam layaknya lelembut demi mengamankan jalanan dari desakan pengunjung.

Gunungan Hasil Bumi

Gunungan Hasil Bumi

Hasil-hasil bumi dalam kemasan yang lain

Hasil-hasil bumi dalam kemasan yang lain

Rombongan penjaga barisan yang diketuai oleh seniman

Rombongan penjaga barisan yang diketuai oleh seniman

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh

Nuansa perjuangan

Nuansa perjuangan

Anak-anak kecil yang bermain alat musik

Anak-anak kecil yang bermain alat musik

Para pemuda

Para pemuda

Hadrah

Hadrah

Setelah rombongan yang panjang itu selesai, suasana tempat akhir arak-arakan semakin panas dan padat karena mereka akan memperebutkan cacahan gunungan hasil bumi. Dari pada aku pingsan dan tidak bisa pulang, ya pulang duluan aja deh. Demi kelangsungan hidup JemberTraveler.com hahaha

Kaboooorrr

Kaboooorrr

JT 14 02Nov

Advertisements

4 responses to “Grebeg Suro di Baturraden 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s