Kesejukan Ecopark Baturraden

Ecopark Baturraden

Ecopark Baturraden

Misi kejutanku saat berada di Banyumas adalah untuk melihat grebeg suro yang ada di Baturraden, ya sekitar 30 menit lah dari Kota Purwokerto. Loh kok bisa disebut misi kejutan? Disetrum kejut gitu? Ya bukan lah, awalnya hanya ingin tau tentang Purwokerto sekaligus untuk menenangkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. Kebetulan saat aku berada di Purwokerto ada acara grebeg suro.

Tahun baru suro (tahun baru penanggalan Jawa) bukannya sudah lewat selama 2 minggu? Di Baturraden, grebeg suro sudah berjalan selama 12 (dua belas) tahun dan diadakan saat 7-14 hari setelah tahun baru suro.

Sambil menunggu pagelaran tersebut, aku diajak oleh Olipe untuk melihat ecopark Baturraden. Harga tiket masuknya senilai Rp 10.000,00 per orang. Memang sesuai dengan pemandangan dan fasilitas yang ditawarkan.

Kalau pagi hari, suasananya masih sepi sehingga bisa menghisap udara segar sebanyak-banyaknya. Kawasan di kaki Gunung Slamet ini memiliki beberapa air terjun dan pemandian air hangat. Ada pula tempat bermain untuk anak-anak. Cocok sekali berlibur akhir pekan di sini bersama dengan keluarga tercinta.

Patung Tari Tradisional Baturraden

Patung Tari Tradisional Baturraden

Semburan air mancur yang menjulang ke langit

Semburan air mancur yang menjulang ke langit

Jembatan yang melewati sungai

Jembatan yang melewati sungai

Air Terjun

Air Terjun

Pemandian umum yang ada di ecopark

View dari jembatan di atas air terjun

Naik turun melewati anak tangga membuat otot-otot di paha menegang dan badan mulai berkeringat. Pemandangan yang indah mengubur segala kepenatan fisik dan pikiran. Serasa semua beban sehari-hari tertiup angin berhembus dan jatuh turun seperti ranting kayu yang hanyut terbawa air terjun. Tempat ini mengingatkanku dengan ecopark Rembangan yang ada di Jember, Jawa Timur.

JT 14 02Nov

Advertisements

9 responses to “Kesejukan Ecopark Baturraden

  1. sekarang malah tiket makin murah 😀

    klo ke sini tak ajak ke Pancuran Pitu lewat jalan tembus (desa Ketenger) Bang… dengan view ajib dan melewati beberapa lokasi curug yg bakalan pengin bikin renang 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s