Soto Ayam Haji Loso di Purwokerto

Antara yakin dan takut kadang meradang di alam bawah sadarku ketika hendak BEPERGIAN SENDIRIAN. Loh kok SENDIRIAN? Kamu JOMBLO Ron?!  Hehehe hehehe hehehe. Wataaaaa!!! Errrgghhh!!!! | Perjalanan kali ini aku lakukan dengan mengendarai sepeda motor dari Jogja menuju Kota Purwokerto. Buta jalan dan kali ini aku tidak menggunakan fitur googlemaps yang ada di telpon genggam android butut. Jam 4 pagi aku berangkat berlari menjauhi sinar matahari yang mulai menjamah tanah gemah ripah loh jinawi.

Jalan sepi mengisi relung hati pejalan yang haus akan sebuah JAWABAN. Lantas pergi untuk mengenyam sebuah pengetahuan yang tak kukecap di bangku pendidikan. Kebetulan ada Olipe sahabat blogger yang bisa menampungku untuk tinggal sementara.

Motor sederhana yang kupunya mulai menghitung jumlah garis yang menghiasi jalanan. Patok-patok batas jalan pun tampaknya menyapaku dengan senyum membisu. Dinginnya pagi tak mampu membekukan semangatku yang membara. Bahkan laron-laron beragresi melawanku dengan menabrakkan tubuhnya di helm dan kacamata silinder minus.

Hanya keyakinanku pada TUHAN dan papan petunjuk jalan yang kuikuti untuk menuju Kota Satria ini. Tak terasa Kulon Progo – Wates – Kebumen – Banyumas – Purwokerto kutempuh selama 3,5 jam. Ada sebuah pesan dari Olipe yang sudah berteduh di telpon genggamku. Pesan ini mengantarku untuk istirahat sambil membeli minuman mineral pada sebuah minimarket dekat sebuah alun-alun yang sedang direnovasi. Adrenalin mulai mengalir deras ketika di alun-alun tersebut terpampang kata-kata Banyumas.

Apakah aku belum sampai kok masih di Banyumas? Apakah aku salah jalan? Ini Banyumas atau Purwokerto sih?

Frustasi? | Tidak!

Takut? | Tidak!

Bingung? | Pasti!

Pasrah? | Ya!

Hingga akhirnya datanglah Ida yang hanya mengantarkanku ke rumah Olipe. Ternyata Purwokerto ini adalah kota administratif dari Kabupaten Banyumas. Istana sederhana diserahkan padaku, seorang “asing” yang baru saja kenal. Jadi aku sendirian di rumah Olipe dan diminta menganggapnya sebagai rumahku sendiri.

Masih ada ya orang BAIK seperti itu? | ADA. Tuh aku sudah mengalaminya.

Lantas ke mana Olipe? | Dia mengantarkan adiknya yang sedang sakit ke dokter.

Apa yang dilakukan seorang pejalan ini? | Loh kalian mau tau toh? Kok KEPO! Dia hanya mandi dan tidur beristirahat.

Hingga akhirnya Olipe dan adiknya pulang mengajakku keluar makan siang, kebetulan sekali dinding lambung sudah mulai bernyanyi nyaring.

Kami menuju sebuah jalan yang dikenal dengan sebutan “jalan bank”, aku sih tak tahu mengapa disebut jalan bank. Mungkin karena pada ruas jalan itu ada beberapa bank. Di ujung jalan tersebut ada museum Bank Rakyat  Indonesia (BRI). Konon katanya, bank plat merah tersebut pertama kali didirikan di Purwokerto.

Kami berhenti di sebuah tempat makan yang bernama “Soto Jalan Bank H. Loso”. JUJUR, aku tidak seberapa menyukai soto. Bahkan aku tak bernapsu untuk memotret makanan khas Purwokerto ini. Di luar dugaanku, kenyataan 180 derajat dari mindset yang tertanam. Naluriku bangkit ketika sesendok berisi nasi dengan kuah soto ini mulai terkecap dengan nikmat pada lidahku. Bahkan sambal kacangnya menggugahku bernostalgia dengan sambal pedas yang ada di kampung halamanku.

Soto Ayam H. Loso

Soto Ayam H. Loso

Sambal Kacang

Sambal Kacang

Sungguh unik kan?! Soto diberi sambal kacang!

Tanpa ragu-ragu, dengan gagahnya aku berjalan menghampiri karyawannya untuk menambah soto itu. Aku mulai sadar seberapa terkenalnya soto buatan Haji Loso ini di mata masyarakat ketika aku melihat foto-foto yang tergantung rapi di dinding rumah makan ini. Tampak Ibu Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono, Prabowo, dan berapa artis ibukota yang berkunjung ke rumah makan ini.

Oh jadi yang makan di sini (baca : penulis) itu ARTIS??? *ditampar pembaca* Hahahaha.

SELAMAT MAKAN

JT 14 01Nov

Advertisements

23 responses to “Soto Ayam Haji Loso di Purwokerto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s