Ndayung Rafting di Lereng Gunung Semeru

Melalui sebuah akun twitter @NdayungRafting , aku mendapatkan info tentang rafting seru di pegunungan tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya berada di Desa Gubuklakah, Poncokusumo, Malang. Rafting ini melewati Sungai Amprong. Kebetulan ada sekumpulan teman di Surabaya yang bertanya kepadaku tentang tempat rafting yang bagus di mana, ya aku jawab aja di sini. Karena asal ceplas-ceplos memberi ide, aku diwajibkan untuk ikut menemani mereka rafting. Entah apes atau beruntung, biar saja mengalir seiring berjalannya waktu. Yang penting hore!!!

Aku sendiri yang berasal dari Jember, harus berangkat ke Surabaya tepatnya di Terminal Bungurasih. Terminal ini adalah meeting point untuk berangkat bersama ke tempat rafting itu.

Sembari menikmati manisnya teh hangat di pagi hari, teman-teman dari Surabaya juga datang ke terminal. Mobil sewaan yang sudah terpesan tak lama kemudian juga menghampiri kami. The journey begins!!

Saat berada di perjalanan, kami mendengarkan radio. Ada berita yang cukup mencengangkan, kemarin ada 2 peserta rafting yang meninggal karena ada banjir yang tidak terduga. Namun lokasi kecelakaan itu berada di Sungai Brantas. Coba kalian bayangkan! Di saat kami mau bersenang-senang dengan rafting eh ada berita kecelakaan rafting. Putar balik aja kali ya?! *krik krik krik*

Lokasi meeting point untuk rafting cukup sulit diketahui karena minimnya papan petunjuk. Akhirnya kami beberapa kali harus berputar-putar untuk mencari tahu dimana lokasi itu berada hingga sampai ketemu.

Ndayung Rafting 01

Ndayung Rafting 02

 

Meeting point

Meeting point

Pemandangan pegunungan yang indah mengelilingi meeting point ini. Tampak pula Puncak Mahameru yang bertengger di singgasana tertinggi. Suasana ruang tunggu outdoor ditata dengan bagus. Jangan hanya membayangkan saja, kalian harus datang langsung ke sini tak hanya untuk melihat panorama yang indah namun juga udara yang sejuk segar khas pegunungan.
Kami disambut dengan ramah oleh kru-kru dari Ndayung Rafting ini. Di atas undak-undak yang rindang dengan pohon para kru menjabat tangan kami yang baru datang. Telah disiapkan teh hangat dengan gula merah sebagai minuman kedatangan. Semua barang dititipkan ke sekretariat panitia Ndayung Rafting. Kami di-briefing singkat tentang cara rafting yang aman. Kami diangkut oleh pick up untuk dibawa ke suatu bukit berlereng seraya seperti kawanan sapi. *mooowwww*

Pemandangan hijau di ketinggian

Pemandangan hijau di ketinggian

Siap basah-basahan

Siap basah-basahan

Kami harus berjalan kaki menuruni lereng menuju tepi Sungai Amprong yang sudah ada beberapa perahu karet. Kami bertujuh dibagi menjadi dua kelompok, setiap kelompok ditemani oleh seorang pemandu. Tak hanya itu ada salah satu team sendiri dari Ndayung Rafting yang mengawal rombongan kami saat berada di aliran sungai.

Air sungai masih terasa segar dan dingin saat percikan menyentuh pori-pori kulitku. Memang pada kali aliran sungai tidak seberapa deras sehingga cukup mengurangi kekuatiran dengan sugesti kecelakaan yang terjadi kemarin yang keluar dari radio mobil sewaan.
Meski tempat wisata ini masih alami dan bagus namun relatif lebih sepi daripada tempat wisata yang ada di Malang pada umumnya. Tak hanya ada rafting saja.  Ada pula flying fox, body rafting, camping ground, dan outbond. Kebetulan saat itu juga ada acara body rafting dan camping dari sebuah sekolah.

Yang cukup menarik adalah saat berada atas perahu karet, kita melewati sungai yang juga dipakai oleh beraktivitas oleh masyarakat khususnya untuk mandi. Tentunya yang menarik bukan wanita-wanita yang mandi, tapi bagaimana kelompok sadar wisata yang mengedukasi masyarakat untuk mandi tapi menutup aurat mereka rapat-rapat. Bukan hanya demi kenyamanan pengunjung rafting saja tapi juga warga di sekitar sungai jadi terlihat lebih beradab.

Sungai yang kami melewati cukup seru. Kami harus menundukkan badan untuk menghindari jembatan bambu yang menghubungkan jalan di atas sungai. Yang cukup lucu adalah ada seorang warga yang masih saja bertelanjang bulat untuk mandi, dia berlari kencang bersembunyi di balik pohon ketika perahu karet kami mendekat.

Perjalanan sekitar 2 jam akan segera diakhiri karena tempat finish-nya sudah dekat. Ada aliran sungai yang terjun sekitar 2 m, deg-degan karena perahu karet yang aku naiki berada di urutan paling depan. Tak hanya itu, di perahu karet itu aku berada di depan juga. Bisa dibayangkan bagaimana berdebarnya jantung itu saat berada di dekat air terjun.

Ya ya ya… Woooooooo!!!! Byooorrr!!!!

Ndayung Rafting 07

Ndayung Rafting 08

Ndayung Rafting 09

Ndayung Rafting 10

Karena adrenalin yang dikeluarkan cukup besar, maka kami beristirahat terlebih dahulu di bawah air terjun. Mendekati garis akhir, perahu karet kami berjalan dengan lirih sesuai arus sungai sehingga kami bisa menikmati pemandangan.
Saat berada di garis akhir, kami kembali menjalankan peran menjadi “sapi” di atas pick up. *mooowwww*

Ndayung Rafting 11

Ndayung Rafting 12

Kami kembali di meeting point. Hujan mengguyur kawasan ini. Kami masing-masing mandi dahulu di tempat mandi yang disediakan oleh Ndayung Rafting. Tak hanya itu saja, sudah disiapkan hidangan makanan yang menggugah selera.
Sebuah pengalaman yang cukup menarik bukan?

Masakan lokal

Masakan lokal

Tak cukup di situ saja. Kami bukannya pulang menuju Surabaya namun malah menuju Malang kota untuk mencoba bakso bakar. Hookkyaaahh!!

Bakso bakar Malang

Bakso bakar Malang

Hati senang, badan capek, dan perut sudah kenyang. Saatnya pulang menuju ke Surabaya. Eit eit eit rumahku kan di Jember, bukan di Surabaya! Aku terpaksa diturunkan di Kota Lawang untuk menunggu bus menuju Jember. Hoaaamm!!

Ingin mencoba juga?! Silakan aja mention tuh @NdayungRafting!
Note : Semua foto saat rafting berasal dari kamera NdayungRafting

JT 2014 3Maret

Advertisements

4 responses to “Ndayung Rafting di Lereng Gunung Semeru

  1. Seruuu nih…. Belum pernah nyoba yang di Jawa Timur, denger-denger Kediri juga punya aliran sungai buat rafting. Nice post. Baca ini canduku ama rafting jadi kumat >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s