Kawah Wurung – Jamrudnya Bondowoso

Cuaca yang mendung dan udara yang sejuk cocok untuk bersantai

Cuaca yang mendung dan udara yang sejuk cocok untuk bersantai

Kawah wurung. Begitulah orang-orang menyebutnya. Nama yang sedikit asing ditelinga para pencinta perjalanan. Mengeryitkan alis dan mengerutkan dahi tanda tak tahu. Ada yang tau kah jika salah satu jamrud dari Kabupaten Bondowoso ini?!

 

Status dari lokasi indah ini adalah sebuah tanah lapang dan pegunungan saja, bukan kawasan gunung berapi yang terbersitkan dari nama kawasan “kawah“. Kawasan ini bukan tempat wisata sehingga kalian ketahui bahwa kalau mau ke sini GRATIS. Bagaimana dengan jalannya? Tentu saja kurang baik. Gratis kok mau enak?!

 

Perjalanan kali ini adalah demi launching kaos terbaru dari ”Jember Backpacker”. Sebuah komunitas pecinta perjalanan yang ada di sosial media Facebook. Kaos kali ini yang kami bawa adalah edisi kedua. Tidak seperti kaos edisi pertama yang berwarna merah yang tidak ada gathering-nya.

 

Leader dari perjalanan kami kali ini adalah sahabat baruku yang biasa dipanggil Vj. Seorang leader yang datangnya telat. Harap maklumnya, rumahnya jauh dari kota.

 

Pagi ini kami berkumpul di pertigaan Patrang pada pukul 6. Rute kami melewati Bondowoso ke arah Kawah Ijen. Nah sebelum sampai di Kawah Ijen belok ke kanan, ke arah Desa Curah Macan.

 

Jalanannya cukup tinggi dan menguras tenaga. Beruntungnya kami semua menggunakan sepeda motor jadi tidak cukup menguras tenaga. Jalanan yang cukup menantang ini tidak seganas dan setinggi jalan ketika aku mau ke Puncak B29 di Kabupaten Lumajang. Ya tentu saja bisa ke sini untuk para pecinta perjalanan yang baru belajar atau jangan untuk yang alergi dengan kerasnya perjalanan.

 

Udara terasa semakin sejuk seketika kami sampai di Desa Curah Macan. Sinar matahari terasa terik di tempat yang cukup tinggi ini. Kami beristirahat sejenak di rumah penduduk yang Vj kenal. Sebagian barang-barang kami titipkan di sini supaya perjalanan terasa lebih ringan.

 

Perjalanan tinggal 10-20 menit saja sampai di Kawah Wurung. Mau tau seperti apa kawah wurung? Silakan dilihat!

Beberapa anggota group Jember Backpacker. Photo by : Vj Lie

Beberapa anggota group Jember Backpacker. Photo by : Vj Lie

Inilah kawasan Kawah Wurung

Inilah kawasan Kawah Wurung

Gugusan perbukitan mengingatkanku akan bukit teletubbies

Gugusan perbukitan mengingatkanku akan bukit teletubbies

Selalu ada bunga yang indah di tempat yang rupawan

Selalu ada bunga yang indah di tempat yang rupawan

Kawah wurung ini adalah perbukitan kecil yang sejuk. Warnanya sangat indah. Hijau bak batu jamrud. Musim penghujan membuat kawasan ini semakin eksotis. Kondisi jalan dari jalan utama Ijen menuju Kawah Wurung memang lebih adventure. Namun seketika kalian sudah sampai di Kawah Wurung, jalanan sudah cukup manusiawi.

 

Kami mencoba mengeksplore lebih jauh memutari perbukitan dan turun lagi. Namun perjalanan kali ini kurang beruntung karena hujan mulai mengejar kami untuk kembali ke Desa Curah Macan.

 

Jalan sudah baik untuk dilewati

Jalan sudah baik untuk dilewati di kawasan Kawah Wurung

Salah satu bukit tertinggi di Kawah Wurung

Salah satu bukit tertinggi di Kawah Wurung

Akhir penjelajahan karena turun hujan

Akhir penjelajahan karena turun hujan

Perjalanan pulang menuju Desa Curah Macan

Perjalanan pulang menuju Desa Curah Macan

Cukup direkomendasikan untuk masuk di itinerary perjalanan alternatif kalian kan?! Selamat mencoba meng-eksplore-nya juga.! 🙂

 

TAMAT

 

JT 14 16Feb

Advertisements

54 responses to “Kawah Wurung – Jamrudnya Bondowoso

      • Thanks aaron. Gw bantu promo ya!
        “Silahkan kaosnya kakaaak. Dipilih dipilih.. Dilihat boleh, dibeli boleh, dikadoin ke pacar boleh, dibakar jangan..
        Murah meriah, banyak pilihan, banyak warna, harga bersaing, kualitas bagus, service oke. Silahkan mampir kakaaak!! Silahkan silahkan..” #promosiRusuh

    • Ke jalan kota bondowoso yg menuju kota situbondo. Terus belok ke arah kawah ijen. Sebelum paltuding belok kanan. Dulu gak ada papan petunjuknya, tanya sama orang sekitar aja

  1. bro,boleh minta email utk tanya2 dulu mengenai kawah wurung ini? soalnya aku dri jogja dan blm tau rute ke kawah wurung ,:)

  2. Mau nanya..apa untuk akses ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda 4 ( semisal mobil Avanza ) dari Bondowoso ? terimakasih.

  3. Mas,mohon pencerahan…saya dari sby,pingin ke ijen dan kawah wurung, rencana bawa mobil sendiri dari sby. Baiknya rutenya gimn mas..? Terimaksh.

  4. model pegunungannya kayak di andong ya kak aaron..saya eksplore kawah wurung kesasar di blog ini, asik sangat bermanfaat mas, terimakasih ulasannya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s