Totak’an Doro di Jember

Totak’an doro, begitulah masyarakat Jember bagian Barat Daya menyebutnya. Adakah yang pernah mendengar kata tersebut? Aku sendiri yang hidup bertahun-tahun di Jember saja baru mengetahuinya. Adakah yang salah dengan aku? Atau karena memang sedikit informasi yang diungkap oleh mesin pencari di internet tentang totak’an doro ?

 

Aku hanya mengerti tentang “doro” (baca : burung dara atau merpati dalam bahasa Jawa). Apakah “totak’an”? Aku sama sekali tidak mengerti arti kata tersebut, bahkan sahabatku Pije yang tinggal di dekat lokasi acara tersebut juga tidak mengerti arti setiap katanya. Dia hanya mengetahui arti “totak’an doro” dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti oleh orang awam.

 

Totak’an doro adalah tradisi tahunan yang diadakan oleh sebuah pondok pesantren Al-Qodiri yang ada di Wonosari, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Begitulah penjelasan singkat dari Pije.

 

Pondok Pesantren Al-Qodiri

Pondok Pesantren Al-Qodiri

Bagaimanakah gambaran tentang tradisi ini? Pije juga menjelaskan lebih banyak yaitu tradisi melepas burung merpati semua miliknya secara massal bersama dengan milik orang lain. Kekompakan burung-burung tersebut akan teruji ketika mereka kembali semua ke rumahnya. Sambung Pije.

 

Acara ini cukup unik. Mengapa?

 

Kumpulan merpati yang diterbangkan bersama-sama yang lain diharapkan bisa pulang ke rumah aslinya. Nah bagaimana jika ada merpati-merpati orang lain yang juga ikut hinggap di rumah? Ya tentu menjadi pemilik dari rumah tersebut.

 

Tradisi yang unik dan seru bukan?! Hanya saja aku dan Pije belum menemukan tradisi tersebut diadakan setiap apa dan diadakan untuk menyambut apa. Sungguh masih menjadi misteri yang menggerogoti sumsum otakku.

 

Pemilik merpati sudah berkumpul sambil menunggu undian

Pemilik merpati sudah berkumpul sambil menunggu undian

Merpati-merpati yang cantik

Merpati-merpati yang cantik

Sudah siap melihat di luar

Sudah siap melihat di luar

Para pemilik burung merpati ini sudah memadati halaman depan pondok pesantren setelah sholat Lohor selesai. Mereka berdatangan dari beberapa kecamatan tetangga yang cukup jauh juga. Ketika aku datang kemari, ternyata sedikit dinodai dengan undian dari caleg yang sedang berkampanye. Para peserta geram menunggu undian itu selesai, mereka takut merpati-merpati mereka yang didalam sangkar juga lelah sehingga dapat menyebabkan kematian. Mereka juga protes sehingga aku melihat beberapa merpati sudah diterbangkan.

 

Terbang tinggi dan kembalilah ke rumahku. Seru anak kecil di dalam hatinya.

Terbang tinggi dan kembalilah ke rumahku. Seru anak kecil di dalam hatinya.

Sebagian yang berkumpul untuk melepas bersama

Sebagian yang berkumpul untuk melepas bersama

Saatnya kita terbang

Saatnya kita terbang

Harga merpati-merpati ini cukup mahal bagi mereka. Harga seekor merpati biasa berkisar Rp 30.000,- saja. Bagaimana jika mereka membawa merpati yang lebih besar lagi? Tentu mereka takut jika mati dan mengalami kerugian hanya karena menunggu undian. Harga merpati yang besar sekitar Rp 50.000,- per ekor. Dalam satu kurungan terdapat 10-20 ekor burung merpati.

 

Merpati beramai terbang

Merpati beramai terbang

Merpati sudah pergi

Merpati sudah pergi

Nah itu dia yang berkaos kuning adalah Pije

Nah itu dia yang berkaos kuning adalah Pije

Aku mencoba memotret

Aku mencoba memotret. Photo by : Vj Lie

Keseruan acara ini memang sedikit berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi aku bangga bisa menikmati momen tersebut sudah bertahun-tahun lestari di Jember. Aku berharap acara di tahun depan bisa jauh lebih baik lagi.

TAMAT

JT 14 29Mar

Advertisements

8 responses to “Totak’an Doro di Jember

  1. NB bro… Kata “TOTAK’AN” sndiri brasal dari bahasa madura yang berarti “DITUMPAHKAN” klo dlam bhasa jawanya “DISUNTEK” tu ja yg aq tau… Smoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s