Di Melaka, Chicken Rice Ball yang mana paling Enak???

Chicken Rice Ball

Chicken Rice Ball

Serasa seperti lagi nonton film anime Jepang yang berjudul “Born to Cook” di Indosiar tahun 1990-an. Ceritanya sih tentang seorang remaja yang pinter memasak. Si remaja itu duel dalam membuat makanan. #Nostalgia

Kalau di film anime kan duel masak, nah kalau saya beli masakan untuk membandingkannya mana yang enak. #RogohDompet

Okay, kali ini temanya ”Chicken Rice Ball”. Makanan seperti apa sih chicken rice ball itu?? Rumah makan apa aja sih yang saya bandingkan?? Penasaran!! Penasaran!! Wah saya sendiri jadi lapar kalau lihat foto yang saya upload sebentar lagi. Check it out!

Kita kunjungi rumah makan yang pertama, lokasinya dekat dengan hostel yang saya tinggal. Sekitar jalan Hang Jebat. Nama rumah makan ini adalah KinMen Restaurant.

KinMen Restaurant

KinMen Restaurant

Kebetulan dari Indonesia kami belum makan sama sekali. Eh bukan kebetulan tapi emang lagi kelaparan. #krucuk-krucuk. Jadi kami pilih beberapa makanan di sini.

Menu di KinMen Restaurant

Menu di KinMen Restaurant

Chicken Rice Ball ala KinMen Restaurant

Chicken Rice Ball ala KinMen Restaurant

Old Cucumber Soup

Old Cucumber Soup

Sawi

Sawi

Nyonya Cendol

Nyonya Cendol

Bagaimana? Enak bukan. Di sini kami sharing budget sekitar RM 20an per orang. Sekitar Rp 60.000,- coy!! ( Rate 1 RM = Rp 3.000,- )

Mana ya pembandingnya? Bentar-bentar! Lagi nyari file-nya nih.

Nah uda ketemu. Keesokan paginya kami berempat (baca: Andre, Ainun, Mbak Irma, dan saya) antri di suatu tempat makan. Ya istilahnya sih mau sarapan.

Ceritanya Andre dan saya habis dari jalan-jalan pagi, Ainun dan Mbak Irma baru mandi. Ketemu di rumah makan yang bernama Nasi Ayam Hoe Kee.

Rumah Makan Hoe Kee

Rumah Makan Hoe Kee

Lokasinya masih hampir di ujung jalan Jonker Walk. Untungnya kami datang lebih pagi sebelum rumah makan itu buka. Jadi masih bisa cepat mendapatkan tempat duduk. Seketika kami duduk, apakah yang terjadi? Rumah makan ini full, dan masih banyak yang harus berdiri mengantri di depan. Demi chicken rice ball !!!

Menu di Hoe Kee

Menu di Hoe Kee

Suasana dalam rumah makan

Suasana dalam rumah makan

Setelah dapat tempat duduk, saya sedikit miris melihat ada anak kecil ya seumuran anak SD begitu. Dia ikut membantu keluarganya melayani tamu. *jadi inget adik-adik saya di Jember*

Saya kroscek kebenarannya, kenapa sih dia tidak sekolah? Kenapa ya kok ikut bekerja? Kasihan banget sih saya lihatnya, anak sekecil itu uda pakai celemek yang diikatkan ke pinggangnya sambil membawa satu lembar menu makanan. Dengan polosnya dia menyapa dan menawarkan menu makanan kepada kami.

Setelah mengamati, menimbang dan mengukur, jawabannya adalah Eng ing eng??!!! *backsound suara detak jantung*

Saat kami ke sana adalah high season yang cukup panjang. Liburan Hari Raya China selama 2 minggu. Jadi daripada dia tidak ada kerjaan ya bantu-bantu urus rumah makan keluarganya. #ouw

———- Batas Curhat ———-

Kembali ke laptop, eh ke topic utama. Chicken rice ball, kami di sini sharing budget sekitar RM 20-an per orang. Kami pilih paket untuk empat orang. Hampir sama sih dengan di restoran pertama, namun macemnya lebih sedikit. Mungkin loh ya, jeroan nya itu yang bikin sedikit lebih mahal. Nih coba lihat makanannya! *Aduh jadi lapar, nih nulisnya siang hari waktu belum makan juga*

Chicken Rice Ball Hoe Kie

Chicken Rice Ball Hoe Kie

Kami semangat saat memesan minuman berupa teh hangat, ya jelas karena harganya murah dan lebih menyehatkan. *alibi ngirit duit* Hahaha. Berhubung banyak antri di luar seperti semut, ya kami harus menaikkan tempo makan untuk menghargai yang antri kelaparan.

Hasilnya??!! Siapakah pemenangnya??! *berasa jadi juri Masterchef*

Kesimpulan dulu ya! Jadi chicken rice ball ini adalah makanan yang terdiri dari bola-bola nasi dan steam chicken. Terus yang membedakan apanya? Ya sudah jelas bumbunya lah.

Kalau dilihat eh dikecap dari lidah saya. Kita kupas satu-satu dulu ya!

KinMen Restaurant : chicken rice ball – nya enak, hangat. Apalagi kita tuangin kecap cuka khasnya. Rasanya bener-bener muantaaaapp ketika dimakan saat kelaparan. Masih enak dikecap oleh lidah orang Indonesia.

Nasi Ayam Hoe Kee : chicken rice ball legendaris ini memang hauuuujeeekkk. Enak banget meski harganya agak mahal tapi sesuai dengan rasanya. Memang kokinya pernah diundang khusus untuk memasak oleh anggota keluarga kerajaan Malaysia. Wah kebanggaan tertinggi untuk seorang chef lokal. #salut

Hati-hati kalau makan di Melaka ya sob, tanya dulu halal atau tidak. Makanan di sini beranekaragam. Ada yang halal dan ada yang enak, eh non halal maksudnya. #uupss

Demikian review dari saya. Mau coba sendiri! Ya monggo berangkat. Hehehe … Ya ampun saya sendiri beberapa kali nelen ludah sendiri saat upload foto dan review tulisan ini. Okay okay silakan menikmati.

JT February 13-14 2013

Advertisements

2 responses to “Di Melaka, Chicken Rice Ball yang mana paling Enak???

  1. berhubung kita-kita nggak nanya itu halal ato enggak, ya langsung masuk mulut. Penjual juga nggak jelasin. Yang penting ENAKK, haujekkkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s