Underwater Pulau Menjangan – Pengalaman yang Sempurna

Perjalanan saya kali ini bersama sahabat-sahabat dari Jember dan beberapa anggota baru yang special. Memang perjalanan ini sudah disiapkan agak lama dengan matang. Namun ada beberapa anggota yang tiba-tiba membatalkan untuk ikut. Total 8 orang saja yang berangkat. Hmm ya mau bagaimana lagi, niatnya sih agar sharing budget tripnya agak ringan jadi lumayan merogoh kantong agak dalam. Kami sepakat untuk pergi ke Pulau Menjangan pada hari Sabtu, nah jadi ada semua anggota berangkat pada Jumat malam sehingga meeting pointnya ada di Banyuwangi kota. Sebagian dari kami naik sepeda motor.

Memang ada discomunication di saat kami berangkat namun semua itu bisa diselesaikan dengan baik-baik ketika kami menyeberangi Selat Bali dengan kapal ferri dari Ketapang. Nah karena ada yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) terpaksa kami bertukar posisi agar tidak ditilang atau didenda. Perjalanan berlanjut dari Gilimanuk menuju pelabuhan kecil untuk menyeberang ke Pulau Menjangan. Di pertigaan jalan kami belok ke kiri menuju arah Singaraja. Kami berhenti untuk menghubungi guide yang sudah standby mengantar kami. Wuaahh kami melewati villa-villa yang harganya mahal tit. Tidak perlu menginap ke villa deh. Okay kami sampai di pelabuhan yang kita sebut Pelabuhan Mimpi, pelabuhan kecil yang letaknya agak tersembunyi dari jalan besar.

Kapal Feri berangkat dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

Kapal Feri berangkat dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

Sampailah kita di pelabuhan itu. Istirahat sejenak. Ada yang menyewa peralatan snorkling namun ada pula yang tidak menyewa. Di sini saya juga sudah membawa lifevest atau jaket pelampung dari rumah, tujuannya sih simple bukan karena saya tidak bisa berenang tapi untuk menghemat stamina ketika berenang di laut. Berenang di kolam renang dengan berenang di laut sangat berbeda, karena kadang kita melawan arus air. Kami semua naik ke atas kapal, kapal sederhana dengan mesin boat ya mahal sih kalau saya beli sendiri mesinnya. Tampaknya ada beberapa rombongan yang juga naik di kapal berbeda untuk bersembahyang di pura yang ada di Pulau Menjangan itu. Tujuan kita saat ini bukan ke sana tapi untuk mengeksplore dunia bawah lautnya.

Hati-hati ketika kalian snorkling, jangan menginjak terumbu karang yang indah itu selain dapat melukai kaki tapi juga agar terumbu karangnya tidak rusak. Guide kita yang tangguh sudah siap di atas air. Yuuukkk saatnya kita berenang, snorkling dan menyelam di kawasan yang sangat indah ini.

Berikut sedikit foto yang berhasil kita dokumentasikan agar pembaca atau teman-teman juga tahu indahnya underwater Pulau Menjangan.

Biota-biota

Biota-biota

A Blue Starfish

A Blue Starfish

Terumbu Karang

Terumbu Karang

JemberTraveler Underwater Menjangan 04

Palung

Palung

JemberTraveler Underwater Menjangan 06

Sudah lihat kan?! Kami saja yang sudah ke sana berencana untuk mengunjungi Pulau Menjangan lagi. Ya luangin waktu kalian deh, kalau destinasi wisata ini bener-bener recommended. Sendiri menyenangkan, berdua dengan orang yang kita sayangi bisa buat moment yang special, ke sini dengan sahabat maupun keluarga dapat menambah keakraban dan ramai tentunya.

Hari menjelang sore kami kembali menuju ke Banyuwangi. Ya copy-copy foto dahulu kemudian makan malam nasi tempong yang yahuud dan pedasnya cocok dengan lidah saya. One day tripnya berhasil dengan baik, saatnya bermalam lagi di Banyuwangi untuk istirahat dan kembali ke Jember pada keesokan hari. Sampai ketemu lagi. Tamat 😀

JT June 15 2013

Advertisements

13 responses to “Underwater Pulau Menjangan – Pengalaman yang Sempurna

  1. Boleh tau kl pinjam perlengkapan snorkling brapaan , sewa kapal? Sewa kamera waterprof? Soalnya plan saya oergi sendiri . Trus dr gilimanuk ke pelabuhan mimpi brapa lama ya
    Thx Hanny

    • Busyet banyak amat pertanyaannya. Hehehe.
      Perlengkapan snorkling sekitar 25-30ribu. Sewa kapal sekitar 600an ribu. Sewa kamera waterproof sekitar 150ribu. Tiket masuk taman nasional : lokal 4ribu, wisatawan asing 20ribu.
      Perjalanan sekitar 30menit dari gilimanuk

      • brow, boleh minta kontaknya nya gk ?? ane mau tnya2 tentang trip pulau menjangan, soalnya blan agustus ane mau ksna

  2. Bro, enak atau murah mana ya lewat banyuwangi atau nyebrang dulu ke gilimanuk?,…. saya baca-baca kl lewat banyuwangi hanya ada sabtu minggu, kl dari pelabuhan mimpi itu bisa hari senin s/d jumat ya ?
    soalnya rencananya pas bulan juli dan hari biasa …. he he he….

  3. Snorkeling Pulau Menjangan ONLY IDR 180.000/orang (Minimum booking 10 orang)
    09.00 – 10.00 Start to Pulau Menjangan menggunakan kapal melalui pelabuhan pasir putih banyuwedang ( pantai yg sangat indah sebelum brangkat anda bisa photo2 terlebih dahulu)
    10.00 – 11.00 Sampai di pos II dan melakukan snorkeling selama 1 jam ( spot terbaik di pulau menjangan- anda bisa melihat wall yang sangat indah dan beragam ikan)
    11.00 – 11.30 Istirahat dan menikmati makan siang di Pos I (relaks sejenak di hamparan pasir putih pulau menjangan)
    11.30 – 12.30 Menuju spot snorkeling yang kedua di coral garden,snorkeling selama kurang lebih 1 jam ( disini anda akan di suguhkan dengan pemandangan terumbu karang yang sangat menawan)
    12.30 – 01.00 Selesai snorkeling dan menuju Patung Pura Ganesha untuk photo – photo.
    01.00 – 02.00 Naik boat dan berangkat menuju starting point dan trip finish
    Harga tersebut termasuk:
    ~ Alat snorkeling: Fins, masker dan snorkel
    ~ Life jacket
    ~ towel
    ~ Lunch 1 kali dan mineral water
    ~ Tiket Snorkeling dan tiket masuk kawasan taman nasional
    ~ Boat ke menjangan island
    ~ underwater camera untuk dokumentasi

    Phone :+62 821 466 123 43 (Telkomsel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s