Ngabuburit di Pasar Romadhon Kauman

Menunggu waktu berbuka puasa atau yang sering disebut ngabuburit memang cocoknya untuk berburu makanan untuk membatalkan puasa pada saat suara adzan magrib berkumandang. Nah teman-teman, pada saat ini saya diajak oleh sahabat saya di Jogja untuk berburu kuliner di pasar Romadhon kampung Kauman. Pasar ini hanya ada ketika bulan puasa saja dan ada beberapa makanan khas dari kampung itu yang hanya dijual ketika bulan ramadhan juga.

Wah parkiran di dekat pasar itu sudah mulai padat, ya kami harus berjalan agak jauh untuk memarkirkan kendaraan kami. Perut sudah mulai keroncongan dan bernyanyi layaknya Sundari Sukotjo. Rupanya sinyal makanan terlalu kencang terdeteksi. Sluruuupp!!

Pintu Masuk Pasar Romadhon Kauman

Pintu Masuk Pasar Romadhon Kauman

JemberTraveler Ngabuburit Kauman 02

Pasar ini terletak di suatu gang kecil tentunya di Kauman, Yogyakarta. Pasar dadakan ini mulai ramai. Ya dipilih-dipilih makanannya. Hemmm kepala saya pusing sambil mengelus perut sendiri. Jajanannya buanyaakkkk. Mau pilih mana ya? Mas bro kita jalan sampai ujung pasar dulu ya. Waaahh makanannya beranekaragam dari makanan berat ada, kue kering ada, kue basah ada, dan tentunya minuman juga ada.

 

JemberTraveler Ngabuburit Kauman 03

JemberTraveler Ngabuburit Kauman 04

Ada satu kue basah yang hanya dijual saat bulan ini dan khas kampung Kauman. Namanya adalah Icak. Kenalan dulu ah. Harganya cuma Rp 2.000,- aja. Icak ini adalah kue basah. Kue khas ini ada parutan kelapa dan potongan nanas. Eittss jangan dimakan dulu! Masih menunggu adzan magrib. Ya sudah, kami kembali ke tempat tinggal sahabat saya. Agak lama juga sih menunggu adzan berkumandang. Tangan sudah terasa gatal untuk memasukkan makanan.

Icak yang siap dibawa pulang :D

Icak yang siap dibawa pulang 😀

Icak yang sudah terbuka dari bungkusnya. :G

Icak yang sudah terbuka dari bungkusnya. :G

Syukurlah adzan berkumandang, happp!! Langsung disantap. Enak banget ternyata. Kalau kalian berkunjung ke Jogja, tak salah untuk berkunjung ke sini. Bagaimana cerita ngabuburit kalian… 🙂

JT July 13 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s