Dieng Negeri di Atas Awan ( part Mie Ongklok )

Perjalanan kami pada saat ini dimulai pada H-3 menjelang hari raya Idul Fitri. Seketika malam itu saya, Andre, Ainun, dan Daniel berkumpul di Terminal Tawangalun Jember. Saya datang terlebih dahulu di ruang tunggu terminal. Sesaat saya menempelkan pantat di kursi ruang tunggu, HAAAHHHH !!! Saya kaget melihat jam digital yang ada di ruang tunggu terminal. Jam digital yang besar itu tidak cocok dengan jam WIB (waktu Indonesia Barat).  Ternyata para petugas di terminal tidak tau cara membetulkan jam digital besar itu sehingga mereka membiarkannya saja. Hmmm bikin kaget saja. Yaaakk!! Sahabat – sahabat saya berangkat! Rombongan Power Renjes siap berangkat. Bus terlihat lebih padat menjelang hari raya  Bus malam jurusan Jember – Jogja yang terakhir segera berangkat. Bruaaakkk! Kami berlari mengejar bus dan langsung naik ke dalam bus. Pak masih ada kursi kosong? | Oh ada… ada…. Ayo cepet naik !!. Kemudian kami naik ke atas bus dan kebingungan kursi busnya sudah penuh. Pak mana kursi kosongnya? | Bentar – bentar !! Ini kursinya! (kondektur membagi kursi plastik) | Hayaaahhh!! Akhirnya kami duduk di tengah – tengah bus dengan menggunakan kursi plastik, saya tidak bisa tidur dengan nyenyak karena kursi plastik tersebut tidak ada sandaran punggungnya. Singkat cerita kami  sudah sampai di Jogja, turun di bawah flyover Janti. Kami ganti kendaraan dengan menggunakan angkutan kota menuju rumah kontrakan Mbak Vivi.

Kami menuju rumah kontrakan Mbak Vivi dengan mencari petunjuk melalui SMS dan GPS. Memang saya akui jaman sekarang lebih mudah untuk bepergian selain karena data yang melimpah juga dengan tersedianya perangkat teknologi. Di tengah perjalanan kami ganti angkutan dengan bus trans Jogja. Di saat ini saya merenung sejenak ketika ada satu keluarga kecil bahagia yang naik bus bersama kami. Saya terharu melihat pasangan suami istri tuna netra yang sedang berjalan – jalan dengan anaknya yang masih seusia awal  Sekolah Dasar. Tak ada satupun rasa kecewa maupun kesedihan dari wajah mereka. Saya melihat keluarga kecil itu saling tersenyum meskipun tidak bertatapan muka dan mata mereka tidak bisa melihat. Kami berhenti di perempatan dan kemudian berjalan kaki menuju rumahnya.

Di rumah kontrakan sudah ada Mbak Vivi dan keluarganya sedang bercanda gurau. Kami permisi dan masuk ke rumahnya. Sesaat kemudian teh hangat buatan Mbak Vivi terseduh di hadapan kami yang istirahat. Di halamannya ada dua motor yang sudah dipesankan oleh Mas DJ untuk kami berangkat menuju Dieng. Kami segera berangkat menuju Mandala Krida, suatu tempat kami janjian dengan Alif. Alif adalah teman baru kami, kebetulan dia adalah mahasiswa di Jogja yang bertempat tinggal di kawasan Dieng sehingga kami dapat mengunjungi kawasan Dieng bersama dia. Beruntungnya juga kami dipersilahkan untuk menginap di rumahnya.

Mie Ongklok

Mie Ongklok

Perjalanan dari Jogja menuju Dieng ternyata cukup jauh, kendaraan di jalanan padat karena pada kala itu arus mudik. Perjalanan memasuki satu setengah jam, kami beristirahat dulu di pinggir jalan. Menurut Alif, kita baru memasuki setengah perjalanan sehingga kami harus beristirahat sejenak untuk meluruskan punggung. Beberapa saat kemudian kami melanjutkan perjalanan. Jalanan mulai menanjak dan udara semakin dingin. Kami akhirnya sampai di Wonosobo, di sini kami berhenti untuk makan mie ongklok. Mie ini cukup terkenal di kawasan ini. Menurut saya, mie ini seperti mie ayam seperti umumnya namun ada tambahan semacam bumbu petis. Cocok juga dengan tambahan tempe goreng maupun sate ayam. Mie ongklok panas ini sangat pas disajikan  pada saat kamu lapar dan kedinginan. Maknyusss…

JT MO 02

JT MO 03

12 JT 18 08

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s