Pantai Balangan – Pantai Tersembunyi di Bali

JT BP 06

Pantai Balangan adalah sebuah pantai di Pecatu, Uluwatu, Bali yang jarang dikunjungi oleh wisatawan, menurut pendapat saya mungkin karena letaknya yang tersembunyi di antara dua tebing karang selain itu mungkin karena informasi mengenai potensi wisata tersebut yang kurang. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali hanya mengenal Pantai Kuta, Pantai Sanur, dan Pantai Nusa Dua.

Pada kesempatan kali ini saya dan beberapa teman dari Jember  menginap di salah satu sahabat yang tinggal di Pulau Bali. Menjelang tengah hari kami diajaknya untuk menikmati pemandangan di Pantai Balangan. Kami berkendara menggunakan sepeda motor. Perjalanan dari Kota Denpasar menuju Uluwatu. Di tengah perjalanan kami berhenti di sebuah minimarket untuk membeli air mineral. Betapa panasnya cuaca saat itu. Kami juga berhenti sejenak di pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Ternyata jalan menuju Pantai Balangan tidak jauh dari pom bensin tersebut. Jalanan menuju pantai semakin menurun.

Kami sampai di Pantai Balangan. Sepeda motor kami parkirkan di dekat sebuah hostel kemudian kami menuruni undak – undak yang lumayan menguras tenaga untuk menuju pantainya. Di dekat undak – undak ada sebuah pura tempat sembahyang penduduk Bali yang mayoritas beragama Hindu.

JT BP 01

JT BP 02

JT BP 03

JT BP 04

JT BP 05

Di bibir pantai sudah ada beberapa tempat makan yang berbentuk rumah panggung, sebagian besar terbuat dari kayu. Kami berteduh di bawah tempat makan itu yang sejuk. Terik sinar matahari tidak menyengat kami dan semilir angin dari pantai menyejukkan. Saya tidak mau membuat waktu saya hanya untuk tidur – tiduran di sana. Saya berjalan menyusuri pantai menuju pinggir tebing dengan menggunakan pakaian yang menutupi seluruh badan dan saya memakai masker untuk menutupi dari debu. Tampak ada sebuah televisi asing yang sedang syuting sebuah film di pantai tersebut. Saya menyusuri tebing, ternyata ada pantai kecil di balik dinding tebing tersebut.

JT BP 16

JT BP 11

JT BP 12

JT BP 14

JT BP 10

JT BP 13

JT BP 15

JT BP 08

JT BP 07

Saya kemudian kembali menuju tempat makan tempat teman – teman berteduh. Di tengah perjalanan ada dua ekor anjing yang menggonggong dan mengejar saya. Saya lari terbirit – birit menuju laut, saya membuka masker dan kedua ekor anjing itu hanya menggonggong dan berhenti mengejar. Pelajaran untuk wisatawan yang lain, jika berada di pantai yang ada anjingnya jangan menutupi wajah anda dengan masker karena anjing di pantai tidak segan – segan mengejar anda.

Saya sampai di tempat teman saya berteduh. Mereka ada yang tertidur, ada yang berenang di laut, dan ada pula yang menikmati segarnya air kelapa. Tak lama kemudian kami berkemas untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kuta untuk menikmati es krim. Huwaaaaa badan jadi segar dan bersemangat apabila mendengar kata es krim di tengah terik panas matahari. Hahahaha

12JT2610

Advertisements

3 responses to “Pantai Balangan – Pantai Tersembunyi di Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s