Mencari Teluk Ijo

JT TJ 20

Sudah beberapa kali saya merencanakan untuk pergi ke Teluk Ijo namun belum bisa terlaksana karena ada beberapa kendala. Tidak mengetahui medan dan tidak ada travelmate yang ikut salah satu alasan saya mengurungkan niat untuk mencari Teluk Ijo ini. Saya mendengar cerita dari sahabat yang bernama Fatah, dia pernah mengunjungi tempat ini beberapa tahun yang lalu. Saya dan Fatah mencari waktu yang luang untuk bisa pergi bersama. Andre dan Ika adalah sahabat saya yang juga mau ikut dalam pencarian lokasi Teluk Ijo ini.

Disebut Teluk Ijo dengan mudahnya karena teluk ini berwarna ijo (baca: hijau). Pada hari Sabtu malam, kami menuju rumah Fatah yang berada di Desa Garahan, Silo, Jember. Rumahnya dekat dengan perbatasan Kabupaten Banyuwangi sehingga kami bisa sampai di Teluk Ijo lebih pagi. Pada pukul 05.00 Minggu kami sarapan dahulu dan membeli bekal pecel Garahan untuk bekal makan siang nanti. Kami berangkat dengan dua sepeda motor melewati Kalibaru – Genteng – Jajag – Bangorejo – Pesanggaran untuk bisa sampai di Teluk Ijo. Di tengah perjalanan kami harus bertanya – tanya kepada penduduk lokal karena kami salah jalan.

Jalanan beraspal yang sedikit berlubang berubah menjadi jalanan berbatu dan bertanah karena kami memasuki kawasan perkebunan yang dilalui dengan kendaraan roda empat yang besar. Ternyata dari rumah Fatah, Teluk Ijo masih jauh. Kami sampai sampai di Pantai Rajagwesi. Pantai ini adalah kampung nelayan. Selain pasir putih, yang saya kagumi dari tempat ini adalah gotong  – royong atau rasa saling membantu yang cukup baik. Emansipasi wanita juga terjadi di kampung nelayan ini. Saya melihat nelayan wanita yang baru pulang dari menangkap ikan. Dengan bangga dia menunjukkan hasil tangkapannya. Raut wajahnya yang senang membuat orang – orang di sekitarnya juga merasakan kegembiraannya. Saya terharu melihatnya, jarang sekali saya melihat suasana itu di daerah perkotaan.

JT TJ 01

JT TJ 04

JT TJ 02

JT TJ 03

Kami melanjutkan perjalanan. Tiba lah kami di rumah perkampungan terakhir dari Teluk Ijo. Kami menitipkan sepeda motor di rumah tersebut. Berjalan kaki dimulai untuk mencari keindahan Teluk Ijo. Sampailah di undak – undak, saya melihat pemandangan indah dari atas tebing. Jalanan setapak membuat kami harus berjalan dengan berbaris. 1 km kami sampai di suatu pantai yang menurut saya aneh. Tepi pantai ini berupa batu – batu yang cukup besar. Penduduk sekitar menyebut pantai ini dengan Pantai Batu Permintaan. Suara batu – batu yang bertabrakan setelah diguyur air laut cukup menambah keramaian tempat yang cukup sepi.

JT TJ 05

JT TJ 09

JT TJ 06

JT TJ 07

JT TJ 08

Kami terus berjalan melewati jalan setapak dan hutan yang kecil. Akhirnya sampailah di Teluk Ijo ini. Hiyaaaaaa!!!! Kami semua berteriak melihat keindahan pemandangan. Pasirnya lebih putih daripada pasir yang ada di Pantai Rajagwesi. Hanya kami yang berada di sini, serasa seperti pulau pribadi saat tiduran di atas pasirnya. Tak lama kemudian ada guide yang membawa dua wisatawan mancanegara. Mereka yang terlihat kelaparan kami ajak makan bersama. Nasi pecel adalah menu utama makan siang kami selain ada camilan yang lain seperti marning (butiran jagung kering). Hanya sebentar mereka pulang menuju Sukamade. Kami masih menikmati teluk ijo ini, dengan berenang di laut. Di dekat tempat kami berteduh ada air terjun kecil, namun pada saat itu airnya tidak ada karena musim kemarau. Cuaca semakin panas, saya menaiki karang yang ada di dekat sana sehingga saya dapat melihat warna torquis dari air laut. Wah sangat indah.

JT TJ 10

JT TJ 19

JT TJ 16

JT TJ 18

Hari sudah menjelang petang kami akhirnya pulang menuju Kota Jember. Di tengah perjalanan kami diberi anugerah untuk melihat matahari terbenam yang indah di atas ladang jagung. Kami berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan itu. Pada saat matahari sudah terbenam kami melanjutkan perjalanan pulang. Sungguh salah satu pengalaman saya yang melelahkan namun terbayarkan dengan pemandangan yang indah.