Air Terjun Antrokan Slawu

JT AA 01

Pagi hari saya bersama teman-teman pecinta traveling di Jember menuju ke salah satu rumah yang ada di dekat air terjun antrokan. Rumah tersebut adalah rumah dari teman kantor saya. Saya sudah sampai duluan di rumah teman saya. Suguhan teh hangat dan camilan sudah tersedia. Rombongan saya sudah mulai berdatangan dan bersiap-siap untuk berangkat. Teman kantor saya selaku tuan rumah menunjukkan jalan menuju ke Air Terjun Antrokan yang berada di daerah Slawu, Jember.

Kami pun mulai berjalan kaki dari rumahnya. Daerah persawahan yang mulai menghijau kami lewati. Udara begitu sejuk mengingat daerah tersebut dataran tinggi dan dekat dengan sungai. Sampailah kami pada tepi jurang menuju sungai, kami harus jalan satu per satu melewati jalan setapak untuk turun ke sungai.

JT AA 02

Jalan menuju Air Terjun Antrokan memang harus ditempuh setelah melewati sungai berbatu. Kami melewati sungai dan batu-batu dengan berhati-hati karena batuannya licin berlumut sehingga memungkinkan kami terpeleset dan terjatuh. Kawasan ini sangat berbahaya dan tidak cocok untuk anak-anak, perlu pengawasan jika mau ke air terjun. Singkat cerita akhirnya kami sampai di Air Terjun Antrokan, airnya sedikit keruh karena beberapa waktu sebelumnya hujan mengguyur kawasan ini. Hal yang unik dari air terjun ini adalah memiliki tebing batu yang cukup tinggi, selain itu air terjunnya patah menjadi dua karena terhalang oleh batu. Kami pun langsung berenang di dasar air terjun, airnya dingin dan segar sangat cocok buat kami yang belum mandi di pagi hari.

Setelah puas bermandikan air terjun, kami pulang dan mulai menyusuri sungai berbatu. Di tengah perjalanan melewati sungai, kami bertemu dengan penduduk setempat yang sedang memancing ikan. Mereka memang suka memancing untuk mengatasi kejenuhan selama enam hari bekerja. Kami pun menaiki jalan setapak yang curam. Dan pada akhirnya kami sampai di area persawahan yang teduh, di sana kami makan dan bercanda gurau bersama. Sebelumnya kami memang membawa bekal. Di dekat tempat kami berkumpul ada beberapa pohon kelapa, ada penduduk setempat yang baik hati. Mereka memanjat pohon kelapa dan memberikan beberapa kelapa kepada kami. Air kelapa yang segar melengkapi makanan yang kami bawa. Kami pun berterima kasih kepada penduduk setempat yang sudah memberikan kelapa dan kami pulang menuju rumah kami masing-masing. Sebuah pengalaman yang menantang dan mengasyikkan.

JT AA 03

JT AA 04

JT AA 05

 

11JT0212

Advertisements

6 responses to “Air Terjun Antrokan Slawu

  1. Belum ada transportasi publik untuk ke tempat ini. Jadi minta tolong dianter oleh penduduk sekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s