10 Menit di Lawang Sewu

JT LW 01

Pada saat saya berada di Kota Semarang, saya disambut oleh sahabat baru yang bernama Mega dan Jay. Pada hari Minggu Jay saja yang bisa mengantar saya keliling kota karena Mega ada urusan pekerjaan.

Hanya dengan mengendarai sepeda motor kami berangkat ke kota tua dahulu. Jalanan sudah mulai macet pada pagi hari. Sekitar jam 10 siang kami menuju Lawang Sewu. Suasana jalanan yang panas dan macet membuat kami berpikir untuk mencari jalan pintas. Jay yang kebetulan pernah tinggal lama di Semarang segera memberitahu saya jalan pintasnya.

JT LW 02

Akhirnya kami sampai di Lawang Sewu yang berada di jalan Pemuda tersebut, saya segera memarkirkan sepeda motor. Ternyata banyak sekali pengunjung pada hari Minggu. Kami minum es dawet dahulu di depan Lawang Sewu karena kehausan selama di perjalanan.

JT LW 04

Lawang Sewu adalah kawasan bangunan kuno yg dibangun pada masa pemerintahan Belanda sehingga tampak sekali corak arsitektur bergaya Eropa. Bangunan ini milik PT. Kereta Api Indonesia. Menurut cerita yang beredar, Lawang sewu dahulu adalah stasiun kereta api yang dipakai juga untuk perkantoran. Namun semenjak penjajahan Jepang, tempat ini dipakai untuk penjara dan pembantaian rakyat Indonesia yang melawan Jepang.

JT LW 05

Kami memasuki pelataran luar dari Lawang Sewu. Melihat suasana pengunjung yang sangat ramai, kami hanya mengelilingi pelatarannya saja. Untuk bisa masuk ke dalam, para pengunjung harus membeli karcis masuk dahulu seharga Rp 10.000,- pada saat kami berkunjung ke sana.

JT LW 03

Saya melihat jam di telpon genggam, waktu sudah menunjukkan hampir saatnya pesawat Jay lepas landas menuju Bangkok . Saya kemudian mengantar Jay ke Bandara Achmad Yani, Semarang. Setelah mengantar Jay, saya kembali ke rumah Mega untuk beristirahat sebentar. Saya yang tidak tahu jalan mencoba terus mengendarai sepeda motor. Saya benar-benar beruntung karena sudah sampai di rumah Mega. Saya istirahat sebentar kemudian berpamitan dengan Mega. Saya naik bus untuk kembali ke Kota Jember.