Masjid Agung Jawa Tengah

JT MAJT 03

Pada hari Sabtu sesaat saya sampai di Kota Semarang, Jawa Tengah, saya diajak oleh sahabat yang bernama Mega dan Jay untuk mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Dengan mengendarai sepeda motor kami menuju masjid yang beralamatkan di Jl. Gajah Raya Kelurahan Sambirejo, Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan pada tanggal 14 November 2006. Masjid utamanya berbentuk limas dengan kubah besar dibagian ujungnya. Arsitektur masjid ini bergaya campuran Jawa, Islam, dan Romawi. Hal ini tampak dari 25 pilar di pelataran masjid, menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab “Sucining Guno Gapuraning Gusti“.

JT MAJT 02

JT MAJT 04

Ada juga beduk besar yang berada di luar pilar pintu masuk.  Di samping juga ada Menara Asma Al-Husna yang dapat melihat kawasan masjid dan Kota Semarang. Yang khas dari masjid ini adalah pada serambinya ada 6 payung elektrik raksasa yang biasa dibuka pada acara keagamaan tertentu, namun kami kurang beruntung karena pada saat kesana payungnya tertutup.

Menara Asma Al-Husna

Menara Asma Al-Husna

Terik matahari yang panas tak menghalangi saya untuk menjelajah kawasan yang indah ini, namun kami harus kembali ke rumah Mega karena ada saudaranya yang mendapatkan musibah. Rasa belum puas membuat saya memikirkan rencana untuk mengunjungi tempat ini lagi.

28JT0412

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s