Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong – Tebaran Cinta Kasih ke Segala Penjuru

JT PA 04

Pada kesempatan ini saya mengunjungi Kota Semarang. Saya menemui Mega dan Jay yang tinggal di kota itu. Pada Sabtu pagi saya tiba di Semarang dan kebetulan Mega ada pekerjaan di Kampung Seni Lerep di Ungaran, Jawa Tengah sehingga saya dan Jay diajak ikut. Di tengah perjalanan saya melihat ada pagoda yang besar, saya mengajak mereka untuk berhenti sebentar di tempat itu.

Pagoda ini terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang.

JT PA 05

JT PA 09

JT PA 08

Sebelum memasuki pagoda, kita disambut oleh patung Dewi Kwan Im yang beralaskan ubin berbentuk daun teratai. Tak jauh dari sana ada patung Buddha yang berwarna emas sedang bertapa di bawah pohon yang bunganya indah.

JT PA 01

JT PA 02 JT PA 03

Beberapa langkah kemudian kita harus menaiki undak-undak. Di sana ada ukiran batu burung phoenix dan barong khas dari China. Di dalam pagoda ada Bodhisattva Avalokitesvara yang berukuran raksasa berwarna keemasan, dan beberapa patung keemasan dan banyak patung perunggu. Konon semua bahan pembangunan pagoda dan patung-patung berasal dari China.

JT PA 06

JT PA 07

Pagoda ini memiliki 7 (tujuh) tingkat. Pada sisi luar tingkat pertama ada 5 sosok Dewi Kwan Im. Sosok yang pertama adalah Dewi Kwan Im tempat mereka berdoa meminta jodoh. Sosok yang kedua adalah Dewi Kwan Im tempat mereka yang berdoa meminta dikaruniai anak perempuan. Sosok ketiga adalah Bodhi Poo Sat tempat mereka yang meminta perlindungan keselamatan dari mara bahaya. Sosok yang keempat adalah Dewi Kwan Im tempat mereka yang meminta dikaruniai anak laki-laki. Sosok yang kelima adalah Dewi Kwan Im tempat mereka yang meminta umur panjang dan disayangi oleh pasangan mereka. Pada tingkat kedua sampai tingkat ketujuh, pada setiap sisi dinding luar ada patung Dewi Kwan Im. Setiap sisi melambangkan arah mata angin. Jadi mereka percaya bahwa Dewi Kwan Im menebarkan cinta kasih pada segala sisi dari Kota Semarang.

JT PA 10

JT PA 11

JT PA 12

Hanya satu jam saja kami berada di kawasan pagoda itu, dan kami melanjutkan perjalanan ke Kampung Seni Lerep, Ungaran.

 

 

28JT0412

Advertisements

One response to “Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong – Tebaran Cinta Kasih ke Segala Penjuru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s