Pantai Slopeng – Hamparan Aneka Warna Pasir

JT SLOP 11

Ini adalah kunjungan kedua saya ke Pantai Slopeng. Kunjungan pertama saya belum sampai ke pantainya karena saya dan beberapa teman datang kemalaman namun teman saya mendapatkan foto sunset merah yang bagus pada saat di tengah perjalanan.

Pantai Slopeng berada di Pulau Madura tepatnya di Jalan Raya Ambunten Km 17 Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep.

Pada kesempatan kali saya menuju ke Pulau Madura naik bus DAMRI dengan tujuan dari Jember menuju Kalianget. Pada hari Jumat malam sepulang kerja saya berangkat dan sampai keesokan pagi harinya di Terminal Arya Wiraraja Sumenep. Batrai handphone saya habis dan menuju ke ruang kerja petugas untuk mengisi batrai saya. Saya menghubungi salah seorang teman yang bernama Hari. Kebetulan dia mudik ke Kota Sumenep. Setelah menunggu beberapa menit akhirnya saya dijemput menuju rumahnya.

Di rumah Hari, orang tuanya sudah menyiapkan kopi hangat dan makanan lontong campur. Saya mandi dan tidur sejenak. Akhirnya saya, Hari dan beberapa saudaranya bersiap-siap menuju Pantai Slopeng dengan mengendarai sepeda motor.

JT SLOP 13

Pantai Slopeng ditempuh dari Kota Sumenep melewati Kota Ambunten dan sampailah di Pantai Slopeng. Jalanan sudah baik sehingga mudah untuk menuju pantai tersebut. Udara panas menyengat saat kami sampai di sana.

Ternyata pemerintah sudah membangun beberapa infrastuktur yang baik untuk pengunjung dan masyarakat sekitar. Sudah ada taman bermain, beberapa gazebo untuk berteduh, toilet, dan tempat ibadah.

JT SLOP 6

Saya melihat ada gathering yang digelar di pantai itu, dengan menu ikan bakar mereka bercanda gurau dan mengakrabkan diri. Saya melangkah menyusuri garis pantai sebelah Timur, tampak anak-anak yang bermain di pinggir pantai bermain pasir dan air laut. Ada juga masyarakat sekitar yang menyewakan kuda mereka. Daerah pantai bagian Timur masih alami, sebagian besar pinggir pantai terdiri dari gundukan batu kapur yang indah.

JT SLOP 1

JT SLOP 5

JT SLOP 4

Saya berbalik arah menuju pantai bagian Barat. Pemukiman nelayan ada di daerah ini, ada tempat ibadah yang berupa masjid, ada juga pemakaman warga, sudah ada tempat MCK umum namun masyarakat sekitar masih kurang menyadari kebersihan karena masih ditemukan kotoran manusia di pinggir pantai sehingga wisatawan dari daerah lain merasa sedikit kurang nyaman.

JT SLOP 10

JT SLOP 12

Terlepas dari semua itu, Pantai Slopeng adalah pantai yang bagus. Menurut orang-orang pemandangan matahari terbenamnya bagus namun saya masih belum memiliki kesempatan untuk melihatnya. Pasir pantai ini halus dan beranekaragam warnanya seperti putih, hitam dan kekuningan. Setelah puas menyusuri pantai dan cukup kepanasan menikmati terik matahari, kami duduk di gazebo untuk berteduh sambil menyantap lontong campur khas Madura dan minum es degan terasa hidup semakin indah.

JT SLOP 3

Pelajaran yang saya dapat dari tempat ini adalah memang susah mengajarkan kebersihan kepada orang lain namun dengan memberi contoh yang benar maka lama-kelamaan mereka akan sadar akan pentingnya kebersihan dan melakukannya. Kamipun meninggalkan Pantai Slopeng dan menuju ke Timur untuk mencari kampung manusia pasir.