Kampung Manusia Pasir di Madura

JT MP 08

“Kampung Manusia Pasir” adalah kalimat yang aneh saat saya mendengar kalimat itu. Setiap ada liputan di televisi, saya selalu terlambat untuk melihatnya.

Hal itulah yang membuat saya penasaran dan tertarik untuk datang dari Kabupaten Jember menuju Kabupaten Sumenep di Pulau Madura.

Saya browsing internet mengenai kampung manusia pasir. Susah sekali mencari informasi mengenai kampung tersebut di internet dan sampai akhirnya saya menemukan informasi penting bahwa kampung ini bernama Dusun Jabau di Kabupaten Sumenep.

Kebetulan ada teman kantor yang sedang pulang kampung di Sumenep tepatnya di Kecamatan Lenteng, saya menghubunginya dan menyusul ke rumahnya.

Singkat cerita saya berangkat dari Kecamatan Lenteng ke Kecamatan Batang-batang tempat Dusun Jabau berada. Kami menuju ke sana sambil mengendarai sepeda motor.

Ternyata cukup jauh untuk bisa masuk ke kawasan Dusun Jabau.

Pukul 15.00 berhenti sejenak di daerah kampung nelayan. Kami melihat pemandangan yang bagus di tempat tersebut kemudian melanjutkan perjalanan.

Pukul 16.00 sampai juga di kampung pasir Dusun Jabau, Kecamatan Batang-batang. meskipun tadi beberapa kali salah tempat. Mencari desa ini tidak mudah karena tidak ada cukup informasi di jalan sehingga memaksa kami untuk bertanya sama penduduk sekitar dan kadang informasi yang diberikan ada yang salah.

Kami beruntung ada yang memandu ke lokasi tersebut oleh penduduk sekitar Dusun Jabau. Tidak mudah untuk bisa masuk di kawasan kampung pasir ini. Kami diinterogasi oleh beberapa orang di sana untuk mengetahui apa tujuan berkunjung,  kami mengaku mahasiswa dari Jember yang ingin belajar budaya di tempat itu. Perasaan kami sedikit tenang ketika diberi izin untuk memasuki lokasi Dusun Jabau.

JT MP 01

Awalnya saya kecewa melihat kampung pasir tersebut tidak sesuai dengan apa yang saya bayangkan karena rumah-rumah di kawasan tersebut sudah modern dan berlantaikan keramik.

Hati kecil saya agak terhibur dengan halaman pasir mereka. kami diantar ke rumah kepala desa yang bernama Haji Ansari. Beliau juga seorang nelayan. Jadi kawasan tersebut adalah kampung nelayan.

JT MP 02

JT MP 03

JT MP 04

JT MP 05

Setelah bertanya-tanya dengan beliau, ternyata penduduk di sana kadang tidur di halaman pasir mereka. Saya melihat sendiri beberapa keluarga di sana asyik bercanda gurau di halaman pasir.

Sangat unik dan baru kali ini saya melihat ada budaya seperti itu. Akhirnya Pak Haji Ansari menunjukkan kamar tidur mereka yang beralaskan pasir.

Wah!! Saya senang sekali melihat kamar tidur beralas pasir tersebut. Saya langsung melompat dan tidur-tiduran di alas pasir tersebut.

Kami membawa pasir yang ada di dalam rumah ke dalam satu kantong plastik kecil untuk oleh-oleh kepada teman kantor yang berada di Jember.

Kebiasaan di kampung itu mereka tidur di kamar beralas pasir dan apabila uda di dalam rumah panas, mereka tidur di halaman pasir. Wah seru juga ternyata.

Pak Haji Ansari mengajak kami ke pantai di dekat rumahnya. Di sana banyak orang duduk di pasir pantai, anak-anak bermain sepakbola, mendayung perahu, bermain layang-layang.

JT MP 11

Saya juga takjub dengan pemandangan alam di pantai tersebut. Tepat dengan matahari terbenam dan langit biru yang cerah. Rasanya hati dan pikiran saya menjadi dingin melihat pemandangan yang eksotis itu.

JT MP 06

JT MP 07

JT MP 09

JT MP 10

Kebetulan waktu ke pantai adalah waktu para nelayan sedang berangkat ke laut, kami disarankan untuk menginap di sana menunggu pagi hari saat nelayan kembali ke pantai membawa hasil tangkapan mereka.

Namun kami tidak bisa menginap di sana karena tidak ada persiapan sebelumnya.

Pukul 17.20 kami berpamitan dengan Pak Haji Ansari dan keluarganya. Mungkin jika ada kesempatan lagi kami akan mengunjungi kampung tersebut.

11JT0810

Advertisements

4 responses to “Kampung Manusia Pasir di Madura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s