Keheningan Kawasan Gunung Pasang

JT GP 05

Pada kesempatan kali ini saya diajak oleh sebuah komunitas fotografer amatir di Jember untuk ikut belajar motret seorang model cantik dengan background pemandangan sungai yang bersih dan pegunungan yang hijau.

JT GP 01

Kawasan Gunung Pasang adalah sebuah kawasan di Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Kawasan ini adalah milik perkebunan nasional dimana mereka mengolah hutan produksi. Kawasan ini adalah jalanan menuju Air Terjun Tancak. Biasanya pada hari Sabtu dan Minggu kawasan ini dilalui oleh pecinta alam yang mendaki dan berkemah di dekat air terjun.

Kami berkumpul di rumah ketua komunitas fotografer tersebut dan memulai perjalanan menuju kawasan Gunung Pasang. Perjalanan dimulai dari kota menuju daerah pedesaan di kaki gunung. Jalanan yang beraspal mulus perlahan-lahan berubah menjadi jalanan yang tinggi dan aspal yang berlubang-lubang seperti daerah tinggi yang lainnya. Pemandangan sawah terasering menghiasi kaki gunung. Kami juga menyeberangi jembatan kayu yang menghubungkan dua desa. Dua desa tersebut dipisahkan oleh sungai jernih yang berbatu cukup besar. Kami memasuki perumahan milik perkebunan tersebut, bunga-bunga kertas berwarna-warni menyambut kedatangan kami.

JT GP 13

JT GP 10

JT GP 12

Udara pegunungan yang sejuk membuat saya merasa nyaman. Akhirnya kami berada di dekat kantor perkebunan nasional tersebut. Model dan para fotografer turun menyusuri sungai. Model tersebut duduk manis sambil mengembangkan senyumnya di atas batu sungai yang cukup besar. Para fotografer mulai mencari sudut untuk memotret dan mengarahkan gaya.

JT GP 08

JT GP 02

Di saat mereka melakukan kesibukkannya, saya menikmati keindahan alam di sekitar sungai. Saya melepaskan diri dari kumpulan mereka, mencoba mencari sudut untuk memotret pegunungan dan beberapa hewan.

JT GP 07

JT GP 09

JT GP 11

JT GP 04

JT GP 06

JT GP 03

Cukup lama para fotografer memotret model tersebut, saya juga ikut bergabung untuk belajar mengenai beberapa teknik fotografi dari mereka. Seperti sekali dayung dua pulau terlampau, selain saya mendapatkan pemandangan alam yang bagus, saya juga mendapatkan teman baru dan teknik fotografi. Sebuah pengalaman singkat yang kaya akan ilmu dan pengetahuan.

11JT1510

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s