Candi Plaosan Lor – “Satu Sisi dari Sepasang Candi Kembar”

JT CPL 6

Sesaat menghirup udara segar pagi hari di Yogyakarta, saya memulai perjalanan dengan mengendarai sepeda motor ke kawasan Prambanan. Saya berhenti di Candi Plaosan Lor dan mengisi daftar pengunjung yang sudah tersedia di pintu masuk kawasan candi.

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi ini dibangun pada masa Dinasti Syailendra yaitu Raja Rakai Pikatan pada abad ke-9. Rakai Pikatan adalah pemimpin Kerajaan Mataram Kuno. Kawasan candi tersebut ditemukan pada jaman Kolonial Belanda, namun sekarang sudah upaya pelestarian terus dilanjutkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Balai Peninggalan Purbakala Jawa Tengah.

JT CPL 8

JT CPL 7

JT CPL 3

JT CPL 4

Candi ini terletak kira-kira satu kilometer dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Candi Plaosan ada dua yaitu Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan). Namun saya hanya mengunjungi Candi Plaosan Lor saja karena keterbatasan waktu. Candi ini memiliki dua candi utama yang kembar namun ada yang membedakan antara candi induk Utara dan candi induk selatan yaitu pada candi induk Utara reliefnya menggambarkan tokoh-tokoh wanita sedangkan pada candi induk Selatan reliefnya menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Kedua candi induk tersebut dikelilingi oleh stupa-stupa perwara dan candi-candi perwara. Pada beberapa perwara terdapat tulisan-tulisan pendek yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut untuk persembahan dari bawahan-bawahan raja. Di samping kawasan Candi Plaosan Lor ada parit berukuran 440m x 270 yang mengelilingi kompleks candi. Konon parit tersebut untuk menurunkan air tanah ke kompleks candi sehingga tanahnya menjadi padat.

JT CPL 2

JT CPL 1

Hari sudah menjelang siang dan cuaca begitu terik. Namun dibalik candi yang tidak terkena sinar matahari menjadi tempat yang teduh dan cocok untuk tempat diskusi atau berbincang-bincang sebagai alternatif jika bosan berkumpul di kota yang padat. Raya pun melanjutkan perjalanan kembali menuju Kota Yogyakarta.

JT CPL 5

12JT1307

Advertisements

One response to “Candi Plaosan Lor – “Satu Sisi dari Sepasang Candi Kembar”

  1. Pingback: Tak Lengkap tanpa Candi Plaosan Kidul | Jember Traveler Indonesia·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s