ART|JOG 2012 – “Looking East – A Gaze of Indonesian Contemporary Art”

JT JA 7

Beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan diri untuk datang mengunjungi teman saya yang ada di Yogyakarta. Perjalanan saya mulai dari pulang kerja di sore hari. Tepat pukul 21.00 saya berangkat dari terminal Jember menuju Yogyakarta.

Keesokan harinya jam 08.00 saya sampai di Terminal Giwangan Yogyakarta, dan langsung dijemput teman saya. Saya tidur sejenak di kamar kosnya. Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Tanpa terasa, matahari sudah mulai terbenam.

Saya segera mandi dan bersiap untuk mencari makan dan sekaligus jalan-jalan. Awalnya saya diberitahu kalau ada acara ART|JOG namun saya tidak tahu apa yang dimaksud ART|JOG dan apa isi dari event tersebut.

Acara dibuka pada hari Sabtu tanggal 14 Juli 2012 oleh Wim Delvoye jam 19.30 WIB. ART|JOG tersebut diramaikan oleh kelompok musik Sinten Remen. Mereka mempertunjukkan lawakan dengan bahasa Jawa dan membawakan nyanyian baik lagu Indonesia maupun lagu mancanegara namun dengan aransemen dan nuansa daerah Yogyakarta. Alat musik mereka pun beranekaragam, mulai dari alat musik tradisional sampai alat musik modern.

Kebetulan jam hampir menunjukkan pukul 21.00 saya sampai di Taman Budaya Jl. Sriwedani no 1 Yogyakarta, tepat di balik Benteng Vredeburg. Di tempat parkiran Taman Budaya, Sinten Remen sudah beraksi. Namun saya hanya kebagian akhir pertunjukan mereka, wah benar-benar melewatkan moment yang unik. Di parkiran gedung ada gajah besar hasil karya seniman terbuat dari kelapa dan kerajinan tas. Gedung lokasi sudah dihias sedemikian rupa dengan susunan bambu yang juga berbentuk gajah.

Saya menuju gedung lokasi ART|JOG berlangsung, sudah banyak orang baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang mengantri untuk masuk menikmati karya-karya seni.

Kami akhirnya menunda untuk masuk ke dalam gedung tempat pameran berlangsung. Saya sedikit kecewa karena tidak bisa masuk dan tidak bisa mengetahui apa itu ART|JOG.

ART|JOG adalah pameran seni rupa Asia dan Indonesia pada khususnya. Pameran ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008 kemudian diadakan 1 tahun sekali dan pada tahun 2012 ini memasuki tahun yang kelima. ART|JOG hanya diselenggarakan selama 3 hari.

ART|JOG ini didukung oleh para seniman untuk menghadirkan karya-karya seni rupa yang berkualitas dan bermacam-macam bentuk, mulai dari lukisan, grafis, fotografi, video, site specific installation, dan multimedia.

Tema ART|JOG pada tahun ini adalah ‘Looking East – A Gaze of Indonesian Contemporary Art’. Maksud dari tema ini yaitu supaya kita sebagai orang timur bisa melihat dengan teliti apa yang terjadi di kawasan timur dunia dan Indonesia pada khususnya sehingga kita dapat membawa diri di tengah perkembangan dunia Timur dan juga di dalam hubungannya dengan situasi global.

Keesokan harinya saya mengunjungi Taman Budaya pada siang hari. Situasi pameran lumayan sepi dari pengunjung. Karya-karya seni yang unik dan bagus membuat segar pemandangan mata saya.

JT JA 1

JT JA 2 JT JA 3

JT JA 5

JT JA 6

Pengunjung pameran ini mulai dari anak kecil sampai orang dewasa maupun wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara juga menikmati hasil-hasil karya seni yang tertampang di pameran ini. Waktu sudah menjelang sore, saya harus segera bergegas ke terminal untuk pulang ke Jember karena keesokan harinya bekerja.

JT JA 4

ART|JOG adalah salah satu pengalaman yang unik dan menarik selain itu event ini hanya digelar satu tahun sekali. Semoga di tahun depan saya bisa melihat ART|JOG lagi.

12JT1507

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s