Menjelajah Pantai Bandealit – Taman Nasional Meru Betiri

JT BD 8

Taman Nasional Meru Betiri adalah kawasan yang dilindungi oleh pemerintah. Taman nasional ini terletak di antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Taman nasional tersebut dapat diakses baik melalui Jember maupun dari Banyuwangi. Sedangkan Pantai Bandealit adalah pantai yang berada di perkebunan kecil di tengah hutan. Untuk bisa mencapai Pantai Bandealit kami menggunakan akses dari Jember yaitu melewati Ambulu – Tempurejo – Curahnongko – Andongrejo.

Pada hari Jumat sepulang bekerja saya diminta oleh teman-teman penggemar traveling untuk mengantar mereka menuju Pantai Bandealit. Kebetulan kampung halaman saya berada sebelum Perkebunan Kotta Blater, Ambulu. Saya juga mengingatkan mereka untuk menyiapkan fisik dan motor mereka karena jalan yang akan kita tempuh membutuhkan tenaga ekstra dan cukup kesabaran.

Keesokan harinya kami berlima berkumpul di Jember kota. Sebelum berangkat seperti biasa kami berdoa bersama dahulu supaya diberi perjalanan yang lancar. Dengan membawa tiga motor kami memacu menyusuri jalanan beraspal. Setelah empat puluh lima menit akhirnya kami sampai di rumah kampung halaman saya. Kami berhenti sejenak untuk istirahat.

Pintu Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Informasi Biota

Kami melanjutkan perjalanan, jalanan yang beraspal mulai berganti dengan jalanan bertanah. Kami sampai di pos penjagaan Taman Nasional Meru Betiri. Kami mengisi buku tamu dan membayar karcis masuk.

JT BD 3

Jalanan semakin terjal dan berbatu memacu adrenalin kami untuk segera sampai di Pantai Bandealit. Di tengah perjalanan ada kawasan yang ada bunga bangkai rafflesia namun kami belum beruntung karena bunga tersebut belum mekar dan akses masuknya tanah yang licin. Kami pun menikmati pemandangan alami di Meru Betiri. Pohon-pohon yang berusia ratusan tahun dan biota hutan masih asli ada di sini. Guyuran hujan gerimis menambah seru perjalanan kami. Setelah melewati Meru Betiri kami harus melintasi sungai kecil untuk menuju Pantai Bandealit.

JT BD 4

Akhirnya kami sampai di Pantai Bandealit, beberapa monyet sudah ada di pinggir pantai, hamparan mangrove menambah cantik pemandangan pada

suatu telaga. Cuaca sedikit mendung sehingga terik siang matahari tidak menyengat kami.

JT BD 5

Pantai ini sepi dan hanya ada kami berlima. Serasa pantai tersebut seperti pantai pribadi.

JT BD 6

Ombak yang cukup tinggi sangat bagus untuk berselancar. Lokasi ini memang biasanya untuk lokasi berselancar bagi turis asing, mereka naik kapal dari Bali menuju pantai ini. Perjalanan kami kali ini kurang beruntung karena belum bisa melihat rusa dan banteng liar yang ada di dekat Bandealit. Pada sore hari sebelum Magrib biasanya kumpulan rusa berjalan ke pantai sebelum kembali ke habitatnya. Pukul dua siang kami pulang ke Jember kota karena keesokan harinya beberapa teman saya yang lain mengajak kami untuk ke Pulau Nusa Barong.