Air Terjun Madakaripura

Setelah puas mengetahui upacara kasada secara langsung, kami melanjutkan perjalanan menuju air terjun Madakaripura. Daniel membuat kesepakatan untuk bertemu langsung di Madakaripura dari Jember. Akhirnya kami datang dahulu di Previewpintu masuk kawasan Madakaripura dengan patung menyerupai Patih Gajahmada yang sedang bertapa. Ternyata teman baru kami dari Surabaya sudah datang terlebih dahulu karena mereka naik mobil dan berangkat lebih pagi dari kami. Tak lama kemudian Daniel datang ke Madakaripura.

Patih Gajahmada adalah patih terkenal dari Kerajaan Majapahit yang berhasil menyatukan Nusantara (Indonesia, Malaysia dan Indocina) kemudian Beliau mengasingkan diri menjadi resi (pertapa Hindu) ke air terjun Madakaripura untuk bertapa dan menghabiskan waktu sisa hidupnya.

Madakaripura adalah tanah milik Mahapatih Gajahmada sedangkan air terjunnya berada di Lumbang, Probolinggo. Masih dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

JT AM 02

JT AM 01

Kami menitipkan barang bawaan pada penduduk setempat kemudian berjalan kaki menuju air terjun Madakaripura. Sebelum sampai di air terjun itu, kami melewati jalan setapak di pinggir sungai dan di tengah perjalanan ada air terjun kecil. Di sana saya melihat pelangi karena cahaya matahari yang dibiaskan oleh air terjun. Beberapa menit kemudian sampailah di air terjun Madakaripura. Air terjun yang sangat indah dan besar. Menjulang dari tebing yang tinggi. Kami kemudian mencoba berenang di kolam tepat di bawah air terjun. Airnya jernih dan dingin membuat saya tidak bisa berenang terlalu lama di kolam. Saya mengambil beberapa gambar di sini kemudian berjalan kaki menuju tempat semula. Rasa lapar membuat kami berhenti untuk makan sejenak di warung di pinggir sungai.

JT AM 03

JT AM 05

JT AM 04

Sampai di tempat semula, sepeda motor kami telah dicuci tanpa izin dan kami harus membayar jasa mereka seharga Rp 5.000,- untuk hasil mereka yang kurang bersih. Mereka mencuci dengan alat yang kasar sehingga ada goresan di sepeda motor kami, selain itu bekas sabun yang tidak disiram dengan bersih membuat saya sedikit kesal. Hmmm ya sudah lah, diikhlaskan saja. Kami melanjutkan perjalanan pulang menuju rumah kami di Jember.

 

12JT 05 08

About these ads

3 responses to “Air Terjun Madakaripura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s