Pantai Papuma ke Pulau Nusa Barong (part Nusa Barong)

Teluk Jeruk

Nusa Barong adalah pulau besar yang berada di Selatan Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pulau ini berada langsung di Samudra Hindia. Pada tahun 1920 pulau ini ditetapkan sebagai cagar alam oleh pemerintahan Hindia Belanda.  Selain karena terdapat biota-biota yang langka yang dilindungi, ombak laut untuk menuju pulau tersebut cukup susah dilalui dan membutuhkan kemampuan berlayar yang baik dari nelayan yang menjadi nahkoda perahunya. Pada jaman Hindia Belanda, para nelayan masih memakai perahu layer untuk menangkap ikan namun sekarang mereka memakai perahu tradisional namun bertenagakan mesin diesel.

Yaaaakkkk!!!! Perjalanan dimulai dari Pantai Papuma dan rombongan kami tidak tahu seperti apa Pulau Nusa Barong. Sebelum berangkat kami sempatkan untuk berdoa supaya perjalanan lancar dan pulang sampai rumah dengan selamat.  Bapak nelayan menyalakan mesinnya dan beberapa saat kemudian kami berangkat.

Cuaca cerah membawa kami menuju ke pulau, kami hanya membawa makanan, minuman dan baju ganti saja. Kami berangkat dengan ceria karena sama-sama penasaran dengan Pulau Nusa Barong. Sekitar dua jam perjalanan di pagi hari karena perahu kami mengikuti arus laut. Perjalanan di tengah laut selama dua jam itu sangat lama dan badan kami langsung berhadapan dengan sinar matahari. Pada perjalanan ini kami melihat paus kecil yang melintas di samping perahu kami.

JT NB AA

Pada awalnya bapak nelayan mengajak kita dari sisi Timur pulau ke arah Selatan dan bapak nelayan mengatakan bahwa ombak di sisi Selatan lebih besar. Kamipun sepakat untuk menolaknya kemudian bapak nelayan membawa kami ke sisi Utara saja. Akhirnya kami turun sejenak di Tanjung Kamal untuk mengambil beberapa gambar. Suasana Tanjung Kamal sangat panas sehingga bapak nelayan mengajak kami ke Teluk Jeruk untuk berteduh.

JT NB AF

JT NB AD

Satu kata setelah sampai di Teluk Jeruk yaitu makaaaaaaannnnnnnnnnnn!!!!! Akhirnya kami makan siang di sisi pantai yang teduh. Setelah perut kenyang kami langsung berenang ke laut, serasa pulau pribadi karena hanya ada kami saja. Teluk Jeruk ini tempatnya teduh sehingga kami betah lama-lama berenang. Kemudian kami membawa bungkus makanan dan naik ke perahu untuk melanjutkan perjalanan ke sisi Barat pulau. Sekitar dua jam kami menuju sisi Barat, waktu sudah menunjukkan pukul tiga sore maka kami kembali untuk pulang ke Pantai Papuma.

JT NB AC

JT NB AB

Sekitar empat setengah jam kami kembali ke Pantai Papuma. Kami makan malam di warung ikan bakar dan kami pulang ke tempat masing-masing. Keesokan harinya kulit kami perih karena terbakar sinar matahari. Namun saya sangat bersyukur melihat salah satu keindahan ciptaan Tuhan meskipun mengorbankan kulit saya.

JT NB AK

JT NB AH

JT NB AJ

JT NB AI

JT NB AG

“Jangan kamu ambil selain gambar, jangan kamu tinggalkan selain jejak kaki dan jangan kamu membunuh selain waktu.”  Motto tersebut adalah pedoman kami dalam perjalanan ini dan kami melakukannya dengan kesadaran diri. Sampai jumpa di catatan perjalanan yang akan datang.

06JT1111

About these ads

3 responses to “Pantai Papuma ke Pulau Nusa Barong (part Nusa Barong)

1. Pingback: Mengulang Kenangan Manis di Pulau Nusa Barong « Jember Traveler Indonesia·